Tak Sekadar Teori! Murid SMA Cikal Lebak Bulus Kunjungi OJK Untuk Pahami Ekonomi Mikro

 Tak Sekadar Teori! Murid SMA Cikal Lebak Bulus Kunjungi OJK Untuk Pahami Ekonomi Mikro


Durasi Waktu Baca : 3  Menit




Lebak Bulus, Sekolah Cikal. Mendukung anak memahami memahami konsep yang utuh dan juga memahami konteks menjadi cara Cikal untuk membuat anak-anak memahami esensi belajar  yang tak sekadar teori saja untuk dihafal, melainkan memaknai peranan dan penerapan dalam keseharian. 


Salah satu bentuk nyata cara Cikal dalam pembelajaran murid yang tak sekadar teori terlaksana ketika murid-murid SMA Cikal Lebak Bulus dari kelas 11 yang memilih program Economics melakukan kunjungan lapangan langsung ke Otoritas Jasa Keuangan (The Indonesia Financial Services Authority) pada (21/2) untuk memahami lebih dalam dan membangun diskusi langsung dengan ahli mengenai implementasi mikroekonomi Indonesia di bidang keuangan. 


(Murid-murid kelas 11 SMA Cikal Lebak Bulus di DP Program melakukan kunjungan lapangan langsung ke Otoritas Jasa Keuangan (The Indonesia Financial Services Authority). Dok. Cikal)



Murid SMA Cikal Lebak Bulus, Belajar Tak Hanya dari Dalam Kelas


Menurut Nur Annisa Karima atau yang akrab disapa Rima, pendidik program Economics di SMA Cikal Lebak Bulus, murid-murid SMA Cikal Lebak Bulus yang memilih program Economics memiliki rasa antusias yang tinggi untuk memahami secara komprehensif hingga praktiknya dalam masyarakat terkait pelaksanaan dan pengembangan model ekonomi Indonesia.


“Ketika kunjungan ke OJK anak-anak sangat antusias, anak-anak sangat ingin outing dan belajar di luar dan tentu tidak hanya dikelas. Antusiasme anak-anak dilihat pada saat sesi tanya jawab, ada sekitar 20 pertanyaan dan kebanyakan yang menjawab anak-anak Cikal. Sebagai informasi tambahan, program economics ini dipilih oleh 5 orang murid SMA Cikal (karena program-program di Cikal merupakan program yang dapat dipilih secara personalisasi sesuai minat anak).” ujar Rima. 


Didampingi oleh Departemen Pengawasan Bank, Rima juga menambahkan bahwa para murid Cikal mengeksplorasi pengetahuan dari kacamata ahli yang berperan langsung dalam pengelolaan ekonomi Indonesia. 


“Berkaitan dengan OJK, anak-anak belajar untuk melihat secara langsung penggunaan teori ekonomi mikro dalam bidang keuangan seperti apa. Jadi, tidak hanya memberi contoh di dalam kelas/pada saat pembelajaran, tetapi mereka juga diajak melihat 'keluar' kalau teori-teori tersebut ada di dunia nyata.” tambah Rima.


Baca juga : Cara Sekolah Cikal Sebagai Sekolah Inklusi Mengasah Kecerdasan Emosional Anak




Penerapan Cara Cikal dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA Cikal Lebak Bulus


Praktik kunjungan lapangan dan dialog dengan ahli ini  juga merupakan bagian dari penerapan cara Cikal yakni Constructive Continuity atau membangun keberlanjutan, Characterized atau memanusiakan hubungan, dan Community Context atau memberdayakan konteks. 


“Berkunjung ke OJK merupakan salah satu cara yang bisa dikaitkan dengan "provide opportunities for improvement" sebagai part dari constructive continuity, characterized, dan community context. dimana anak-anak akan belajar bagaimana caranya improve knowlegde mereka dari belajar diluar. Hal ini juga sejalan dengan learning objective dari economics yaitu "select and use economic data using economic theory to make policy recommendations" yang artinya murid-murid belajar mencoba melihat sesuatu dari kacamata ekonomi dan berharap kedepannya akan memberikan dampak positif lebih luas lagi,” ucapnya. 


Baca juga : Raih Banyak Medali di Kompetisi Hoki Es Nasional dan Internasional, Inilah Cerita Adler, Murid SMP Cikal Lebak Bulus, Atlet Hoki Es Indonesia




Belajar Ekonomi di Sekolah Cikal Tak Sekadar Teori


Dalam penerapan pembelajaran Ekonomi di SMA Cikal Lebak Bulus, Rima, pendidik program Ekonomi, menyebutkan bahwa belajar ekonomi di Sekolah Cikal itu bukan perkara teori saja, melainkan memahami perilaku ekonomi dan penerapannya dalam keseharian hidup manusia. 


“Di kelas, belajar Ekonomi memang harus disandingkan dengan aktivitas sehari-hari, saya selalu tekankan kepada anak-anak bahwa belajar ekonomi = belajar behaviour, contoh-contoh yang kami gunakan dalam belajar adalah contoh sehari-hari sehingga mereka benar-benar bisa terapkan dan implementasikan teori ekonommi  ke dalam kehidupan sehari-hari.” tutupnya. (*)



Baca juga : Ciptakan Proyek Robot Pertanian Bernama “MACULER”, Alkhan, Murid SMP Cikal Lebak Bulus, Raih Medali Perunggu di International Youth Robotic Competition (IYRC) Korea




Informasi Customer Service Cikal 


Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut : https://bit.ly/cikalcs (tim Customer Service Cikal)




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : Nur Annisa Karima (Rima), Pendidik Program Economics Sekolah Cikal Lebak Bulus 

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana


I'M INTERESTED