4 Tips Seimbangkan Peran Pelajar dan Atlet À La Renata, Atlet Renang Berprestasi dari SMA Cikal Amri Setu

4 Tips Seimbangkan Peran Pelajar dan Atlet À La Renata,  Atlet Renang Berprestasi dari SMA Cikal Amri Setu


Durasi Waktu Baca : 2 Menit 




Jakarta, Sekolah Cikal.Memegang peran sebagai student-athlete bukanlah sebuah peran yang mudah bagi sebagian murid, namun peran tersebut dapat diatasi dengan baik oleh Renata Harleyna Putri Aryadiepa atau yang disapa Renata, murid SMA Cikal Amri Setu Jakarta Timur. 


Renata yang telah menjadi student-athlete sejak usia 11 tahun ini memberikan tips bagi para pelajar di Indonesia yang berminat menjadi student-athlete. Apa saja tipsnya? Simak berikut ini.


  1. Lakukan Manajemen Waktu dengan Baik 

Sebagai pelajar yang kini tengah duduk di jenjang SMA, Renata menyebutkan bahwa ia membangun komitmen yang kuat dalam manajemen waktu. 


“Memegang dua peran sebagai pelajar dan atlet memiliki tantangan yang berat menurutku. Di mana aku harus mengatur waktuku dengan baik, dikarenakan jadwal renang dan sekolah itu sangat berdekatan. Tetapi aku mencoba untuk mengatur waktuku dengan baik, walaupun terkadang kewalahan.” ucapnya. 

Ia memberikan rekomendasi bagi para pelajar yang juga ingin melangkah sebagai seorang atlet di cabang olahraga apapun untuk dapat membagi dan mengatur waktu dengan baik. 


“Pesan dari aku adalah belajar untuk mengatur waktu dengan baik. Karena memegang dua peran sebagai student-athlete itu tidak gampang untuk membagi dan mengatur waktu dengan baik, mengatur waktu jadwal sekolah, jadwal renang, dan juga jadwal di luar itu semua.” tambahnya. 


Baca juga : Cerita Renata, Atlet Renang Berprestasi dari SMA Cikal Amri Setu, Sukai Renang Sejak Usia 3 Tahun!


  1. Buat To-Do-List 

Tips kedua yang diberikan oleh Renata adalah membuat to-do-list untuk mengoptimalkan setiap rangkaian kegiatan dan aktivitas yang dapat dilakukan. 

“Salah satu caraku yang aku pakai untuk mengatur waktuku dengan baik adalah membuat to-do-list sehari-hari untuk tetap keep on track.” ucapnya. 


(Tips Pengembangan Diri Sebagai Student-Athlete di Cabang Olahraga Renang dari Renata Harleyna, Murid SMA Cikal Amri Setu Jakarta Timur. Dok. Cikal)


  1. Bangun Diskusi Berkala dengan Guru Program

Bagi para murid yang ingin memegang peran sebagai student-athlete, penting untuk membangun diskusi berkala dengan guru program yang kelasnya seringkali ditinggalkan untuk jadwal latihan atau kompetisi. 

“Apabila ada pelajaran yang ketinggalan dikarenakan terlalu fokus di olahraga, misalnya renang sepertiku jangan takut untuk datang ke guru programnya dan bertanya, ya.” ujarnya. 

  1. Istirahat Cukup 

Renata yang sudah meraih banyak medali dalam kompetisi renang menyebutkan bahwa penting bagi student-athlete untuk dapat cukup beristirahat, mengingat peran sebagai student-athlete merupakan peran yang menyenangkan dan juga melelahkan. 

“Dan juga pesan dari aku, harus istirahat yang cukup. Memegang dua peran ini tentu saja melelahkan, dikarenakan itu aku harus istirahat yang cukup dan juga tau diri aku sendiri.” tutupnya.


Nah, buat kalian yang kini sedang berupaya menyeimbangkan waktu sebagai student-athlete boleh dicoba ya tips dari Renata ini. Semoga kalian tetap semangat belajar dan juga berprestasi, ya! (*)


Baca juga : Terinspirasi dari Semangat Ayah, Inilah Cerita Hisyam, Murid SMP Cikal Serpong dan Atlet Atletik Berprestasi Provinsi Banten!





Informasi Customer Service Cikal 

Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut : https://bit.ly/cikalcs (tim Customer Service Cikal)




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : 

    • Renata Harleyna Putri Aryadiepa, Murid SMA Cikal Amri Setu, student-athlete Renang Kota Jakarta Timur 

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana


I'M INTERESTED