Antisipasi Corona, Sekolah Cikal Perbanyak Online Learning

KOMPAS.com - Sekolah Cikal memperbanyak kegiatan belajar secara daring ( online learning) selama dua minggu mulai tanggal 9 Maret untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran di tengah isu penyebaran virus corona. Hal itu disampaikan oleh Kepala Sekolah Cikal, Ranny Kartabrata kepada Kompas.com saat Visual Arts and Film Exhibition International Baccalaureate Diploma Program (IBDP) kelas 11 dan 12 Sekolah Cikal Setu pada 06-08 Maret 2020, di Hadiprana Art Gallery, Kemang, Jakarta Selatan. 

"Karena corona ada banyak kegiatan sekolah yang di-reschedjule dan disesuaikan. Untuk pembelajaran, siswa akan belajar dari rumah selama dua minggu ke depan," ujar Ranny. Salah satunya yang menjadi penyesuaian lantaran virus corona adalah metode pembelajaran siswa sekolah Cikal di pameran seni IBDP melalui video call.

Sebelum ada ramai penyebaran virus Corona di Jakarta dan Depok, siswa-siswa sekolah Cikal dijadwalkan hadir untuk melihat pameran seni. Marketing Communication Sekolah Cikal, Nuryana Hapsari menyatakan Sekolah Cikal melakukan sejumlah hal dalam rangka antisipasi pencegahan penularan virus corona seperti mengurangi kontak kegiatan yang berhubungan dengn pihak luar dan menggantinya atau menambahkan porsi online learning melalui www.sekolah.mu.

Hal tersebut diambil untuk memungkinkan interaksi dengan orang banyak tetap terjadi dalam situasi yang kondusif tanpa perlu bepergian. "Sebenarnya kegiatan belajar mengajar Cikal dengan blended learning dengan porsi belajar online sudah dilakukan rutin oleh Cikal dan mulai berkolaborasi dengan www.sekolah.mu sejak September tahun lalu,: ujar Nuryana dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com.

Menurutnya, metode blended learning berfungsi sebagai pendukung proses belajar-mengajar untuk guru, murid dan orangtua. Menurutnya, metode blended learning dan kolaborasi program antarsekolah serta dunia usaha dan industri di www.sekolah.mu sudah dilakukan dalam periode cukup panjang di Cikal.  "Jadi online learning dilakukan cikal bukan semata karena Corona virus tetapi karena penerapan personalisasi untuk menumbuhkan kompetensi," tambah Nuryana.

Online Learning di semua jenjang pendidikan 

Blended dan online learning sudah diterapkan di Cikal mulai level SD sampai SMA. Nuryani melanjutkan, pada periode libur caturwulan akan mulai diberikan juga untuk tingkat prasekolah dan TK, juga dalam kegiatan ekstra kurikuler, praktik magang bersama mitra berbagai sekolah dan organisasi lainnya.

"Kami bersyukur bahwa pengalaman ini memberikan kami keyakinan, bahwa dalam kondisi apapun, dengan dukungan teknologi, Cikal akan tetap bisa menyediakan program persekolahan yang berkualitas bagi semua murid walau dalam kondisi sulit," tambah Nuryana. Adapun, dua minggu ke depan mulai tanggal 9 maret merupakan liburan caturwulan Cikal, yang memang sudah dijadwalkan dalam kalendar akademik sebelum ada wabah corona. 

Berkait dengan kondisi saat ini, lanjutnya, periode libur bagi murid Sekolah Cikal diperpanjang selama seminggu, untuk melakukan berbagi proses yang diperlukan dalam menyiapkan lingkungan sekolah dan tim Cikal dalam mengantisipasi berbagai situasi. "Operasional bagi seluruh pendidik tetap berjalan normal sebagaimana biasa," ujarnya.

Ia menyebutkan, tak ada permintaan meliburkan diri dari pihak orangtua siswa Sekolah Cikal terkait situasi corona saat ini. Murid-murid yang sakit atau tidak mungkin hadir di sekolah, lanjutnya, mendapatkan dukungan yang diperlukan dengan penggunaan platform teknologi dan tetap bisa mendapatkan akses dan kualitas belajar. "Orangtua Cikal sudah melalui rangkaian workshop berkait pengasuhan di era digital secara rutin dari kami," tambahnya.

----
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Antisipasi Corona, Sekolah Cikal Perbanyak Online Learning ", https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/07/194759771/antisipasi-corona-sekolah-cikal-perbanyak-online-learning.
Penulis : Wahyu Adityo Prodjo
Editor : Wahyu Adityo Prodjo

Source: https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/07/194759771/antisipasi-corona-sekolah-cikal-perbanyak-online-learning?page=2

ENROLL NOW