Bangun Empati Murid Selama Pandemi, Rumah Main Cikal dan Sekolah Cikal Hadirkan Kegiatan ‘Cikal Aksi-Aksi"

Salah satu cara yang dilakukan Cikal untuk menumbuhkan rasa peduli dan dukungan untuk sesama.

Durasi baca: 55 detik.

Hingga saat ini pandemi COVID-19 juga belum usai. Tak hanya orang bekerja dan pengusaha, tetapi murid-murid sekolah pun juga terkena dampaknya. Oleh karena itu, berbagai pihak dituntut untuk tetap bersabar dan saling bahu-membahu untuk mengembangkan rasa peduli dan memberikan dukungan pada sesama. Komunitas pendidikan juga merupakan salah satu bagian pihak yang berupaya membangun empati dan semangat untuk para murid melalui kegiatan atau program yang bermakna, sehingga bisa menumbuhkan kepekaan sosial pada sesama.

Rumah Main Cikal dan Sekolah Cikal turut menggerakkan aksi sosial guna membangun empati dan kepekaan murid melalui program Cikal Aksi-Aksi, dimulai dari tingkat anak-anak usia dini hingga menengah atas. Untuk anak-anak usia dini, Cikal Aksi-Aksi dilakukan dengan cara membuat dan mengirimkan prakarya kartu ucapan berisi semangat kepada Komunitas Belajar Berlian Baki di Sukoharjo, dan mengajak anak-anak di Komunitas Permata Hati Ceria, Klaten senam bersama. Program di tingkat Rumah Main Cikal ini dirancang untuk mengembangkan rasa kebersamaan, kepekaan, dan rasa kepedulian pada sesama bagi anak-anak usia dini. 

“Kami berupaya untuk menumbuhkan rasa ingin berbagi tanpa diarahkan, mampu mengekspresikan interaksi positif dan juga menumbuhkan rasa kasih sayang dan rasa percaya pada teman sebaya," ungkap Dewi Winarningsih, Program Manager Cikal Aksi-Aksi.

Diharapkan juga Cikal Aksi-Aksi ini bisa memberikan kenangan indah bagi murid dan guru di daerah, tambah Dewi Winarningsih. Untuk di tingkat Sekolah Cikal yang dimulai dari SD hingga SMA, murid-murid kelas 6 membangun komunikasi dan kolaborasi bermakna dengan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sanggau, Kalimantan Barat. Melalui sesi daring zoom dengan pendidik di MIN Sanggau, murid-murid kelas 6 Sekolah Cikal mendengar cerita pengalaman proses belajar jarak jauh yang terjadi selama pandemi, baik tantangan, maupun kesulitan.

Bahkan murid Sekolah Cikal turut membantu mencari solusi bagi kesulitan yang ada. Selain kelas 6, di tingkat SMP dan SMA Cikal, Cikal Aksi-Aksi akan dilakukan dengan bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Cikal STUCO (OSIS) dalam waktu terdekat. (Mondials Anindhita, foto: Rumah Main Cikal dan Sekolah Cikal)


Artikel ini telah tayang di Glitzmedia.co dengan judul "Bangun Empati Murid Selama Pandemi, Rumah Main Cikal dan Sekolah Cikal Hadirkan Kegiatan ‘Cikal Aksi-Aksi’Depok, Simbol Kota Berkembang yang BerantakanCek di Sini Daftar Lengkap Harga Serum Somethinc dan ManfaatnyaKetahui Penyebab, Jenis, dan Cara Penanganan Gangguan Psoriasis", https://glitzmedia.co/post/parenting/motherhood/bangun-empati-murid-selama-pandemi-rumah-main-cikal-dan-sekolah-cikal-hadirkan-kegiatan-cikal-aksi-aksi.
Penulis : Mondials AnindhitaAndiasti AjaniMeichella NancyAndiasti Ajani

Source: https://glitzmedia.co/post/parenting/motherhood/bangun-empati-murid-selama-pandemi-rumah-main-cikal-dan-sekolah-cikal-hadirkan-kegiatan-cikal-aksi-aksi.

ENROLL NOW