Begini Cara Rumah Main Cikal Melakukan Proses Kelas Online untuk Para Murid yang Belajar di Rumah

Mulai dari membuat konten online menarik hingga bermain dan belajar aktif. Durasi baca: 50 detik. Virus corona atau COVID-19 tidak hanya memengaruhi ekonomi, tetapi juga dunia pendidikan. Pasalnya, pemerintah pusat sudah menghimbau untuk memberlakukan belajar di rumah khusus para siswa yang masih ada di bangku sekolah.

Penerapan belajar online adalah salah satu hal yang dilakukan banyak sekolah di Jakarta. Mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, dan selanjutnya. Tidak menutup kemungkinan juga sekolah khusus anak usia dini atau prasekolah juga meliburkan muridnya. Hal inilah yang dilakukan Rumah Main Cikal, sekolah yang didesain khusus untuk anak-anak usia 10 bulan hingga 4 tahun tetap menjalankan proses belajarnya secara online melalui platform website sekolah.

KONTEN ONLINE

Membuat konten online yang sangat menarik adalah salah satu cara yang dilakukan oleh para guru di Rumah Main Cikal. “Kami memulai dengan merencanakan konten sesuai unit pembelajaran. Kemudian, menemukan learning objective yang sesuai, merangkai kegiatan, hingga membuat konten online yang menarik.” ungkap Gesta Maulida Pattiasina, selaku pengajar di Rumah Main Cikal Cilandak Jakarta.

Pengembangan konten online learning pembelajaran anak di Rumah Main Cikal,salah satunya berupa video-video yang dibuat oleh Om dan Tante (sebutan khas guru-guru Rumah Main Cikal) dan diunggah melalui website www.sekolah.mu dengan tema-tema yang menarik, seperti mengenalkan makanan sehat, bermain musik, dan lain sebagainya.

Untuk kelas usia 10 bulan hingga 1 tahun, para guru membuat video sesuai dengan kegiatan rutin di sekolah. Diawali dengan video kegiatan salam-salam dan berdoa, gerak dan lagu, kumpul-kumpul yang menjadi inti dari pembelajaran keseluruhan, dan terakhir video penutup yaitu berdoa selesai belajar.

TETAP BERMAIN AKTIF DAN BELAJAR KREATIF

Walaupun tidak bertatap muka secara langsung, para guru teap mendorong murid untuk selalu bermain aktif dan kreatif. Adapun program belajar yang dibuat menarik setiap harinya. Misalnya belajar berhitung dengan engklek, bermain playdough, melakukan conference call, membuat boneka dengan kaos kaki, dan sebagainya. Proses belajar dari rumah a la Rumah Main Cikal ini tidak hanya ingin membuat si Kecil tetap aktif dan kreatif, tetapi juga mendorong orangtua agar selalu mendampingi anak-anaknya untuk belajar bersama. Kegiatan bekerja dari rumah juga menjadi salah satu alasan keikutsertaan orang tua untuk turut belajar bersama anak-anak. (Mondials Anindhita, foto: Rumah Main Cikal)
Artikel ini telah tayang di Glitzmedia.co dengan judul "Begini Cara Rumah Main Cikal Melakukan Proses Kelas Online untuk Para Murid yang Belajar di Rumah", https://glitzmedia.co/post/parenting/motherhood/begini-cara-rumah-main-cikal-melakukan-proses-kelas-online-untuk-para-murid-yang-belajar-di-rumah.
Penulis : Mondials Anindhita

Source: https://glitzmedia.co/post/parenting/motherhood/begini-cara-rumah-main-cikal-melakukan-proses-kelas-online-untuk-para-murid-yang-belajar-di-rumah

ENROLL NOW