Belajar dari Rumah, Begini Cara Belajar Siswa PAUD Rumah Main Cikal

KOMPAS.com - Penerapan belajar online di rumah bagi banyak sekolah di Jakarta merupakan cara preventif paling tepat dalam menghadapi virus Corona (Covid-19) yang semakin melonjak belakangan ini. Proses belajar daring ini tentunya diharapkan dapat menjauhkan anak dari kemungkinan terpapar virus Corona. Proses belajar daring ini tak hanya diterapkan oleh sekolah dasar, atau pun sekolah menengah saja, melainkan juga bagi tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD). Salah satunya yaitu Rumah Main Cikal yang terletak di beberapa lokasi, antara lain Jakarta, Tangerang, Bandung dan Surabaya.

Sekolah yang didesain khusus untuk anak-anak usia 10 bulan hingga 4 tahun ini tetap menjalankan proses belajarnya secara online melalui platform Sekolah.mu. Pembuatan Konten Online Menarik Dalam proses pelaksanaannya, guru-guru di Rumah Main Cikal setiap harinya terlebih dahulu melakukan diskusi pengembangan konten pembelajaran menarik bersama dengan tim akademik dan guru-guru Rumah Main Cikal. Diskusi tersebut mencakup membentuk unit pembelajaran, menentukan learning objective hingga rangkaian kegiatan apa yang akan dilakukan oleh anak-anak di rumah bersama orang tua mereka.

“Kami memulai dengan merencanakan konten sesuai unit pembelajaran. Kemudian, menemukan learning objective yang sesuai, merangkai kegiatan, hingga membuat konten online yang menarik.” tukas Gesta Maulida Pattiasina, atau Tante Gesta yang merupakan pengajar di Rumah Main Cikal Cilandak Jakarta dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Pengembangan konten online learning pembelajaran anak di Rumah Main Cikal, salah satunya berupa video-video yang dibuat oleh guru-guru Rumah Main Cikal dan diunggah melalui website Sekolah.mu (www.sekolah.mu). Tema-tema video yang diunggah seperti mengenalkan makanan sehat, bermain musik, dan lain sebagainya. “Untuk kelas Adik-Adik (usia 10 bulan hingga 1 tahun), guru membuat video sesuai dengan kegiatan rutin saat di sekolah.

Diawali dengan video kegiatan Salam-Salam dan Berdoa, kemudian video kegiatan Gerak dan Lagu, setelah itu kegiatan Kumpul-Kumpul yang menjadi inti dari pembelajaran secara keseluruhan, terakhir video kegiatan penutup yaitu berdoa selesai belajar.” ujar Rendra Purnama atau Om Rendra, pengajar kelas Adik-adik di Rumah Main Cikal Cilandak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belajar dari Rumah, Begini Cara Belajar Siswa PAUD Rumah Main Cikal", https://www.kompas.com/edu/read/2020/04/01/145223271/belajar-dari-rumah-begini-cara-belajar-siswa-paud-rumah-main-cikal?page=all.

Penulis : Wahyu Adityo Prodjo

Editor : Wahyu Adityo Prodjo


Source: https://www.kompas.com/edu/read/2020/04/01/145223271/belajar-dari-rumah-begini-cara-belajar-siswa-paud-rumah-main-cikal?page=all

ENROLL NOW