Serunya Olahraga Online Bareng Sekolah Cikal

JAKARTA, SCHOLAE.CO - Pembatasan jarak fisik atau Physical Distancing yang diserukan oleh WHO dan Pemerintah Indonesia membuat setiap sekolah termasuk Sekolah Cikal menggerakkan pembelajaran dari rumah melalui Sekolah.mu, platform online learning.

Salah satu program belajar yang dilakukan secara daring adalah kegiatan berolahraga. Benarkah tetap berjalan secara online? Ya, kegiatan olahraga di Sekolah Cikal tetap berjalan sebagaimana biasa meskipun melalui online learning, dimana guru dan murid melakukan video conference call untuk berolahraga bersama.

Senam Online Bersama

Menurut Satyawira Sakti, selaku pengajar program olahraga khusus kelas Reception Junior dan Year 3 Sekolah Cikal Cilandak, proses belajar olahraga selama online learning dilakukan dengan beberapa kegiatan antara lain, mempraktekkan gerakan senam, dan melakukan refleksi setiap kali selesai melakukan kegiatan olahraga harian di rumah.

“Dalam pelaksanaan kegiatan olahraga secara daring, saya setiap harinya melakukan video conference dengan murid-murid. Kami melakukan stretching dan melanjutkan kegiatan dengan senam (senam Cikal dan Senam Gummy bear). Di akhir, murid-murid melakukan cooling down dan biasanya melakukan refleksi setelah belajar olahraga.” ujarnya.

Wira menambahkan bahwa murid-murid terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan olahraga, meskipun secara online. Ia juga menceritakan bahwa murid-murid tidak menghadapi kesulitan karena setiap gerakan sangat sederhana untuk dipraktekkan.

“Anak-anak terlihat antusias, itu terlihat dari kesiapan mereka dengan mengenakan seragam olahraga layaknya di sekolah, meski belajarnya di rumah. Murid juga tidak menghadapi kesulitan dalam mempraktekkan gerakan karena gerakannya mudah dan sederhana.” tambahnya.

Belajar daring dengan Happy

Selain mempraktekkan gerakan olahraga, Wira juga mengajak murid-murid untuk mempraktekkan gaya hidup sehat selama berada di rumah. Misalnya, dengan tetap mengonsumsi air putih, dan mencuci tangan dengan sabun.

“Saya senantiasa mengenalkan murid-murid dengan pengetahuan hidup sehat. Seperti dengan mengajak anak-anak untuk rutin minum air putih dalam setiap aktivitas, dan yang terpenting mencuci tangan menggunakan sabun. Sampai hari ini, anak-anak jadi semakin paham dan semakin terbiasa menjalani gaya hidup sehat.” jelasnya.

Miss Inka, guru kelas 3 di Sekolah Cikal Cilandak, menjelaskan bahwa penting bagi murid-murid untuk belajar dengan senang hati, meski pun belajar dari rumah. “Setiap pagi, sebelum memulai proses belajar daring, biasanya guru selalu memberikan games, atau senam bersama murid. Tujuannya sederhana yakni membuat murid-murid tetap happy. Baru setelah itu, murid-murid mulai belajar program yang telah dijadwalkan hari itu.” ucap Astrinka Rizanti.

Ia juga menambahkan bahwa orang tua dalam hal ini memahami betul kondisi saat ini, sehingga mereka tidak bosan untuk terus mendampingi anak-anak belajar online. Selain itu, orang tua dan guru tak ragu saling mengapresiasi upaya dan proses pembelajaran daring di Cikal.

“Orang tua dalam hal ini memahami betul kondisi saat ini. Guru-guru tetap berupaya bekerja sama dan membangun komunikasi yang baik dengan orang tua. Murid-murid dan orang tua pun sejauh ini sudah memahami pola belajar daring saat ini. Kami pun juga saling mengapresiasi. Guru mengapresiasi orang tua yang mendampingi anak selama proses belajar online ini, dan orang tua mengapresiasi guru yang telah mengupayakan program belajar bagi murid-murid.” tutupnya. (sfa)

Editor: Maria L. Martens

Source: https://scholae.co/web/read/2718/serunya.olahraga.online.bareng..sekolah.cikal

ENROLL NOW