Online Learning Program Social Studies dengan Miss Astri

Jakarta, 30 Maret 2020. Sebagai Komunitas Pelajar Sepanjang Hayat, Sekolah Cikal melakukan online learning agar murid tetap memperoleh hak belajarnya dalam kondisi saat ini. Seluruh proses belajar saat ini dilakukan secara daring. Kali ini, kita akan mengintip salah satu proses belajar daring yang dilakukan di Sekolah Cikal yakni program Social Studies atau Ilmu Pengetahuan Sosial bagi kelas 5 Sekolah Cikal Cilandak. 

Tetap Antusias Belajar meski di Rumah

“Untuk murid-murid di Sekolah Cikal saat ini tengah mengadakan online learning, mereka tetep belajar juga meski mereka di rumah. Kita punya timetable yang sama dengan sekolah keseharian, jadi murid-murid tetap belajar bersama guru.” ujar Lucia Astri. 

Dalam prosesnya, murid memulai pembelajaran daring dengan melakukan absensi sebagaimana biasa di kelas dalam keseharian kegiatan sekolah. Setelah itu, murid memulai proses belajar dengan pemberian tugas oleh Ibu Astri. 

“Kelas dimulai dengan absensi murid, jadi walau secara online murid tetap harus datang dan bersekolah seperti biasa. Selama pembelajaran Online, kami memberikan tugas anak-anak secara online. Mereka jadi mengerjakan tugas-tugas ini, kalau mereka sudah selesai, mereka pun mengumpulkannya juga secara online.” tukasnya.

Astri menambahkan bahwa setelah mengerjakan dan mengumpulkan, guru berperan untuk memberikan masukan dan feedback melalui individual conference. "conference dengan murid dilakukan saat berdiskusi tentang tugas yang dikerjakan, ketika ada yang perlu direvisi, mereka akan merevisi dan mengumpulkan kembali. Guru akan mengecek tugasnya di akhir.” tambahnya 

Salah satu murid bernama Alula, menyatakan bahwa melalui online learning Ia juga merasakan situasi yang sama seperti di sekolah. “Bagiku menyenangkan, aku menyukainya. ketika belajar online kita bisa tetap belajar bersama seperti di sekolah meski dibalik layar.” ujar Alula, murid kelas 5. 

Di Cikal, teknologi digital tetap bisa menjadi media untuk murid dan orangtua mengakses konten yang berkualitas untuk belajar, sehingga tidak ada keraguan dari orang tua. “Melalui online learning, murid-murid tetap antusias mengeksplorasi materi pembelajaran dengan dukungan guru dan orangtua mereka.” tambah Lucia Astri. (sfa)

ENROLL NOW