Bedah Peluang Karir Masa Depan, Seperti ini Cara Sekolah Cikal Bangun Kesiapan Murid di Tingkat SMP dan SMA

Sekolah Cikal. Membangun kegiatan pemetaan dan perencanaan karir masa depan bagi remaja kini menjadi prioritas sekolah jenjang SMP dan SMA di Indonesia melalui program bimbingan konseling. Salah satu contoh sekolah yang telah melakukannya secara berkala setiap tahunnya adalah Sekolah Cikal khusus untuk tingkat menengah seluruh lokasi, baik di Jakarta, Tangerang, dan Surabaya.

Melalui kegiatan Cikal Career Chat yang diadakan pada 9-10 Desember 2021 lalu, Sekolah Cikal mengundang para ahli, alumni sekolah Cikal, profesional, hingga akademisi dari dalam dan luar negeri untuk membedah secara lengkap dan utuh berbagai peluang karir masa depan bagi murid SMP dan SMA.


(Cikal Career Chat, kegiatan seminar pemetaan karir Sekolah Cikal 2021. Dok. Sekolah Cikal)


Pembicara Ahli Dalam & Luar Negeri


Menurut Rendra Yoanda, Konselor Sekolah Cikal dan Psikolog Klinis Anak dan Remaja, pemilihan temabesar Relating Knowledge, Skills, and Careers: What does the Future Hold? Ditujukan untuk memberikan arahan dan bimbingan bagi murid untuk memetakan pilihan karir. 


“Tema besar yang diusung tahun ini adalah Relating Knowledge, Skills, and Careers: What does the Future Hold? Kami membedakan sesinya menjadi 6 kelas berdasarkan klasifikasi bidang vokasi atau karir yang selama ini kami gunakan (Teori Kepribadian dan Model Lingkungan dari John Holland) untuk membimbing murid-murid dalam memetakan pilihan karir mereka.” jelas Rendra. 


(Teori Kepribadian dan Model Lingkungan dari John Holland menjadi landasan kegiatan pemetaan minat, bakat, serta karir murid Sekolah Cikal. Dok. Konselor Sekolah Cikal)


Mengundang belasan pembicara profesional, dan alumni Cikal dari dalam dan luar negeri, antara lain Mayda Borbely (Director of International Student University of Calgary, Canada),  Rony Rahardian (Artist and Founder of ONX Idea Studio, Ruang Seketika, and KYBPROJECT. Creative Director), Inne Yuliawati (Aviation Medicine Specialist Doctor) dan Professor University College Dublin School of Sociology - Thomas Grund, dan lainnya, sesi Cikal Career Chat atau seminar pemetaan karir ini memberikan gambaran proses perjalanan pemilihan karir secara utuh dan komprehensif dengan sesi diskusi.


“Tahun ini, kami tidak hanya mengundang profesional, melainkan juga perwakilan dari universitas dan alumni Cikal dari dalam dan luar negeri dengan tujuan untuk memberikan gambaran proses perjalanan pemilihan karir yang lebih komprehensif ke murid-murid. Para profesional bisa berbagi mengenai perjalanan karir mereka, pihak universitas memberikan informasi terkait opsi karir yang mungkin diambil dari program studi tertentu, dan kakak-kakak alumni bisa menceritakan proses mereka akhirnya memutuskan mengambil program studi tertentu ketika mereka masih berada di bangku sekolah.” tambah Rendra.



Perluas Perspektif Tantangan Masa Depan


Sebagai acara tahunan khas di Sekolah Cikal, Cikal Career Chat merupakan sesi perbincangan karir, minat dan bakat yang paling ditunggu oleh murid SMP dan SMA untuk melihat peluang karir dari minat setiap murid dengan lebih komprehensif, luas dan utuh. 


“Keberadaan program ini membantu memperluas perspektif murid-murid Cikal mengenai karir. Mereka tidak hanya melihat karir sebatas profesi tertentu melainkan juga bagaimana mereka bisa berkontribusi di lingkungan mereka melalui profesi-profesi yang mereka pilih tersebut.” ucap Rendra. 


Sesi ini pula menjadi langkah baru bagi murid mengidentifikasi kemampuan serta nilai-nilai yang mereka perlukan untuk menjelajahi beragam pilihan karir tersebut. Tak jarang ada pula yang menemukan minat dan pilihan karir yang berlanjut ke perguruan tinggi. 


Sebagai salah satu perwakilan dari kepala Sekolah Cikal, Siti Fatimah memaparkan bahwa kegiatan Cikal Career Chat merupakan komitmen besar Sekolah Cikal untuk siap hadapi tantangan masa depan dengan pemetaan minat bakat, serta karir sejak dini. 


“Sekolah Cikal selalu berkomitmen untuk membantu dan mendampingi murid-murid untuk siap menghadapi tantangan di masa depan, dengan cara mengidentifikasi minat dan potensi mereka, mengeksplorasi berbagai pilihan karir, dan merefleksikan rencana karir mereka  sebagai bagian dari dimensi Reflektif dan Seimbang dari Kompetensi Bintang 5 Cikal.” tutup Siti yang merupakan kepala sekolah dari Sekolah Cikal Amri Setu tingkat SMP dan SMA di Jakarta Timur.(*)


I'M INTERESTED