Desain Jemima Murid Sekolah Cikal Setu Sukses Menarik Perhatian Label Fashion Lokal Terkenal Indonesia

Jakarta, Sekolah Cikal. Menciptakan karya yang berakar dari hal yang disuka dan berkolaborasi dengan berbagai pihak saat pandemi untuk menginspirasi dan menjangkau komunitas yang lebih luas lagi merupakan trend inspiratif masa kini. 


Salah satu cerita inspiratif dari trend tersebut datang dari Maylavli Jemima Zahabiya, atau yang lebih dikenal dengan Jemima, murid kelas 11 Sekolah Cikal Setu. Ia berhasil menarik perhatian salah satu label fashion lokal terkenal di Indonesia, Calla The Label melalui hasil desain karyanya yang bertajuk Roro Jonggrang. Calla The Label mengundang Jemima secara khusus untuk berkolaborasi merilis Short Shirt bertemakan Indonesia.


(Roro Djonggrang Short Shirt Kolaborasi Maylavli Jemima Zahabiya x Calla The Label. Doc. Calla The Label)


Simbolisasi Keistimewaan Indonesia


Bermula dari hobi menggambar sejak taman kanak-kanak, Jemima menyatakan semakin ingin mengembangkan bakatnya dalam bidang desain pada saat kelas 5 SD. “Aku suka gambar sebenarnya dari TK tapi mulai diseriusin lagi pas awal kelas 5 SD.” tuturnya saat dihubungi oleh Humas Sekolah Cikal pada (18/8)


Hobinya ini semakin berkembang tatkala Sekolah Cikal seringkali mengadakan pameran Seni dan Budaya. Ia menceritakan bahwa pada awalnya desain “Roro Jonggrang” Ia didedikasikan untuk kegiatan di Sekolah, namun, sayangnya acara tersebut harus ditunda karena pandemi. “Untuk design Roro Jonggrang ini sebenarnya merupakan draft design yang didedikasikan untuk acara di Cikal. Tetapi, karena kondisi pandemi, acara pun harus ditunda.” ucapnya.


Penundaan tersebut nyatanya memberikan jalan kebaikan lain bagi Jemima. Hasil desainnya berhasil menarik perhatian Calla The Label, clothing line yang menggunakan printed fabric dengan sentuhan retro eclectic dengan gaya yang playful, yang ingin merilis tema kemerdekaan Indonesia.


(Ilustrasi Roro Djonggrang oleh Maylavli Jemima Zahabiya. Doc. Instagram @Aosoora)

Bagi Jemima, desainnya ini didedikasikan untuk memiliki keistimewaan budaya indonesia dan tentunya sangat erat dengan perayaan kemerdekaan Indonesia yang mencapai 75 tahun.

“Bagiku hasil desainku ini merupakan simbolisasi perayaan tujuh belas Agustus dan menggambarkan budaya dan kultur Indonesia yang istimewa. Aku berharap semoga bangsa Indonesia bisa menjadi solid dan lebih mentoleransi semua budaya yang ada di negeri ini karena kita semua satu kesatuan yaitu Indonesia” jelas pemilik akun instagram @aosoora

Produktif Berkarya di Masa Pandemi

Menurut Adib Hidayat, selaku orang tua dari Jemima, Ia menyampaikan rasa bangganya atas apa yang dilakukan Jemima dengan passionnya di bidang desain.


“Tentu saja kami keluarga bangga dan senang, saya, ibu dan adiknya bangga dengan apa yang dilakukan Jemima. Di sela sekolah dan belajar Ia masih bisa membagi waktu dengan baik. Selama masa pandemi ini, Ia juga sangat produktif merilis kolaborasi karya dengan banyak pihak sejak Maret 2020.” ucapnya saat dihubungi pada (24/8)



Kolaborasi Jemima x Calla the Label. Doc. Sekolah Cikal


Jemima yang bercita-cita menjadi seorang ilustrator dan Concept Art Artist telah berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti membuat Clothing Rolling Stout dari Bandung seri "The Beatles" dan "Matematica", membuat merchandise konser New Live Experience dari Kahitna, Afgan dan Armand Maulana, membuat masker untuk kegiatan amal “Masker untuk Indonesia” dan berkolaborasi Seri Roro Jonggrang dengan Calla The Label (Roro Jonggrang Short Shirt).


Bapak Adib Hidayat juga menyampaikan bahwa kini Jemima sedang dalam proyek kolaborasi membuat desain cover album. “Jemima sedang progress membuat cover album band NAFF dari Warner Music Indonesia dan Merchandise Glenn Fredly.” tambahnya.

Sebagai orang tua, Ia berharap yang terbaik bagi pengembangan minat dan bakat Jemima yang semakin berkembang saat bersekolah di Sekolah Cikal. Mengingat, Sekolah Cikal selalu mendukung pembelajaran murid sesuai minat dan bakatnya.

“Saya mendukung apa yang jadi cita-cita Jemima. Menjadi desainer sesuai minat dan bakatnya. Kami sebagai orang tua berusaha menjadi teman diskusi dan supporter yang baik, untuk kebaikannya. Kami berharap Jemima dapat menggunakan kemampuan desainnya untuk hal yang bermanfaat dan berguna bagi negara, agama, masyarakat dan keluarga.” jelasnya.


Pencapaian Jemima dalam bidang desain tidak terlepas dari dukungan sekolah dan keluarga yang senantiasa berkolaborasi mendukung pengembangan kompetensi yang sesuai minat dan bakatnya. Kemampuan Jemima menjadi cerminan semangat belajar tanpa batas dan berkontribusi bagi masyarakat di Sekolah Cikal. Semangat selalu untuk produktif berkarya, Jemima! Kamu hebat! (sfa)

ENROLL NOW