Murid Rumah Main Cikal Serpong Lakukan Virtual Tour Museum di Dua Negara saat Pandemi

Jakarta, Rumah Main Cikal. Terbatasnya pergerakan masyarakat untuk mengunjungi tempat wisata saat pandemi, kini dimudahkan dengan adanya virtual tour atau wisata daring. Wisata secara daring dikatakan menjadi alternatif yang tepat demi pencegahan covid-19 khususnya bagi masyarakat yang memiliki anak yang masih berusia dini. 


Kunjungan wisata secara daring dalam hal ini juga dilakukan oleh anak-anak dari Rumah Main Cikal (RMC) Serpong. Di akhir semester pembelajaran, kelompok belajar anak-anak usia 2-3 tahun (kelas Kakak-kakak) ini diajak oleh guru mereka berekreasi ke berbagai tempat wisata yang ada di dunia sebagai bagian dari program belajar yang menyenangkan.


Virtual Tour dengan Pesawat ke Amerika hingga ke Inggris 


Guru RMC Serpong, Gilang Puspasari atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tante Lala, menuturkan bahwa sebagai minggu terakhir pertemuan kelas, guru-guru kelas telah berencana membuat kegiatan yang berbeda dan mengesankan bagi anak-anak yakni dengan menjalankan kunjungan wisata daring (virtual tour).


“Mengingat minggu ini adalah minggu terakhir pertemuan kelas, kami memang telah berencana membuat kegiatan yang menyenangkan sebagai kesan terakhir bersama anak-anak. Pemilihan kegiatan virtual tour didasarkan pada pertimbangan minat anak-anak." tuturnya.


Beberapa tempat yang menjadi tujuan wisata daring anak-anak dari Rumah Main Cikal Serpong ini antara lain adalah Universal Studio Amerika, khususnya Taman Dinosaurus (Jurassic Park) dan British National Museum.


Menurut Putri Nurul Aisyah, atau yang lebih dikenal tante Putri menjelaskan bahwa ketertarikan anak-anak pada kehidupan makhluk hidup, seperti dinosaurus, mendorong guru-guru dari Rumah Main Cikal mengajak anak-anak mengunjungi museum dinosaurus, makhluk hidup yang telah punah.


“Banyak anak-anak di kelas suka dinosaurus. Jadi diajak deh virtual trip ke wahana Jurassic Park di Universal Studio. Setelah itu, kita lanjut ke Museum National History London, untuk mengenalkan pada anak-anak bahwa dinosaurus yg kita lihat di wahana itu makhluk hidup yang sudah punah.” jelasnya.


Sarana Belajar Daring Menyenangkan bagi Anak usia dini


Dalam proses berkunjung ke museum di Amerika dan Inggris, anak-anak Rumah Main Cikal uniknya juga dihadapkan dengan kegiatan naik pesawat secara virtual. Dikutip dari laman sosial media Instagram Rumah Main Cikal, terlihat beberapa orang tua murid menunjukkan dan memberikan keseruan belajar anak-anaknya. Ia pun tak segan memuji program belajar menyenangkan yang dibuat oleh Rumah Main Cikal.
(Sesi Virtual Tour Museum anak-anak Rumah Main Cikal Serpong)


“Terima kasih @RumahMainCikal sudah menyajikan sekolah online seru. Anak-anak diajak virtual trip ke theme park dan museum. Lengkap dengan bandara dan pesawatnya.” tulis akun @ratrinurwulandari


Kegiatan rekreasi secara daring ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi anak-anak usia dini menambah pengalaman dan pengetahuan dengan cara yang menyenangkan. “Kami berharap anak-anak dapat memiliki pengalaman baru, menambah pengetahuan, dan juga harapannya kegiatan ini bisa menjadi sarana yang menyenangkan meski hanya dari rumah.” tutup Fitri Nurhayati, Guru Rumah Main Cikal Serpong. (sfa)

ENROLL NOW