Perayaan Natal Sekolah Cikal dan Rumah Main Cikal di Tengah Pandemi Tetap Khidmat dan Penuh Suka Cita!

Sekolah Cikal. Perayaan natal tahun ini meninggalkan kisah dan kesan tersendiri dan berbeda bagi banyak masyarakat, tak terkecuali bagi setiap murid yang biasanya mengadakan kegiatan natal bersama di sekolah.

Meskipun kini terbatas karena pandemi, suka cita dan kasih natal tetap tidak berkurang sama sekali di berbagai sekolah salah satunya di Sekolah Cikal dan Rumah Main Cikal. Sekolah yang dikenal dengan keberagaman, toleransi, dan kreativitas ini mengadakan perayaan natal secara khidmat dengan beberapa cara, baik Drive-Thru, Drive-in dan Daring melalui zoom pada 18 Desember 2020.



Hidupkan Semangat Natal Dengan Berbagai Cara


(Sekolah Cikal Cilandak berbagi Activity Kit Natal secara Drive Thru. Doc. Sekolah Cikal)


Kerinduan anak-anak merayakan momen natal di sekolah dengan tatap muka, tergantikan dengan hadirnya beragam cara di Sekolah Cikal dan Rumah Main Cikal untuk berbagi suka cita natal bersama guru, dan keluarga.

Di Sekolah Cikal Cilandak, perayaan natal dijalani dengan serangkaian acara salah satunya sesi pembagian hadiah secara Drive Thru. Walau sebentar saja, kerinduan dan semarak natal tetap terjaga.

“Untuk kit perayaan Natal, kami berikan lewat Christmas Drive Thru. Anak-anak datang untuk mengambil goodiebag lalu berfoto sejenak dengan frame yg disiapkan. Anak-anak terlihat senang!” tutur Cynthia Rusdian selaku ketua panitia pelaksanaan Cikal Christmas Celebration Sekolah Cikal Cilandak.

Menurut Cynthia Rusdian, yang lebih akrab dipanggil Ibu Cynthia, suka cita menyambut natal tetap hidup, dan terjaga di Cikal meski hanya akan dilakukan daring di masa pandemi.

“Tahun ini sebenarnya kami sedih sekali tidak bisa merayakan Natal bersama secara tatap muka, tapi yang jelas kami semua tetap semangat dan sangat bersukacita dalam menyambut Natal ini.” tutur Cynthia, Wali kelas 1 Sekolah Cikal Cilandak.



Tak hanya Sekolah Cikal Cilandak, Sekolah Cikal Surabaya pun ikut menyemarakkan natal dengan sesi Drive-In. Menghadirkan berbagai kegiatan yang menyemarakkan natal antara lain, drama dan games dari para guru, para murid dan keluarga yang berada di dalam mobil sangat bahagia!


“Selama Drive-in, guru-guru menyisipkan beberapa kegiatan tambahan, antara lain Drama, dan Games bagi murid setelah sesi pujian doa di awal kegiatan. Tak lupa juga tentunya pembagian souvenir Natal dari para guru untuk para murid yang menandai semarak natal lebih bermakna dengan protokol kesehatan.” ujar Manasye Indra Kusuma, guru Reception dan Middle Year Program (MYP) Sekolah Cikal Surabaya.


(Perayaan Natal Drive-in Sekolah Cikal Surabaya. Doc. Sekolah Cikal)


Merefleksikan Natal dengan Penuh Syukur


Mengangkat tema besar “Give Thanks” atau bersyukur di perayaan Natal tahun ini dengan protokol kesehatan ketat, Sekolah Cikal di Jakarta, Tangerang, dan Surabaya berupaya untuk tetap membangun kehangatan, kebersamaan, kebahagiaan dan menumbuhkan rasa syukur di hati para murid, dan seluruh anggota komunitas Cikal di masa sulit saat ini.

Pelaksanaan natal Drive-Thru, Drive-in dan secara daring pun menjadi pilihan tepat bagi murid dan orang tua untuk tetap merasakan nuansa hangat natal yang khidmat dengan penuh syukur dari hati setiap murid dan keluarga Cikal.


(Perayaan natal Sekolah Cikal dan Rumah Main Cikal secara daring pada 18 Desember 2020. Doc. Sekolah Cikal)


Menurut Willy Soka, selaku ketua panitia pelaksanaan Natal Sekolah Cikal Setu dan Sekolah Cikal Serpong, murid-murid Cikal dapat memaknai situasi pandemi ini dengan bijak, dan tetap khidmat mengucap syukur meski diadakan di tengah pandemi yang tak kunjung usai.

“Anak-anak bisa memaknai situasi pandemi ini dengan bijak dengan tetap di rumah dan merayakan Natal bersama sekolah dari rumah. Mereka tetap antusias untuk menyumbangkan bakat dan minat mereka seperti menyanyi,menari dan puisi dalam perayaan natal in. Selalu ada peluang untuk tetap merayakan natal dengan semangat dan sepenuh hati walau situasi kini terbatas..” ujar WIlly Soka, pengajar program Agama Katolik di Sekolah Cikal Setu.



(Murid Rumah Main Cikal mengikuti sesi Natal Drive-in dengan protokol di Rumah Main Cikal Surabaya. Doc. Sekolah Cikal)


Selain Willy, Kepala Sekolah dari Sekolah Cikal Surabaya, Hasto Pidekso pun menambahkan bahwa meskipun perayaan Natal tahun 2020 ini dilaksanakan secara daring, atau drive-in dan drive-thru, Sekolah Cikal berharap setiap keluarga dan murid dapat merefleksikan kebersamaan, dan tetap merasakan kebahagiaan menjadi bagian dari Sekolah Cikal dan Rumah Main Cikal.


“Meskipun secara drive-in atau daring, kami berharap perayaan Natal tahun ini dapat menjadi refleksi kebersaman dan kebahagiaan.” tutup Hasto Pidekso.

Selamat hari Natal untuk setiap keluarga dan murid-murid yang merayakan! Semoga Suka Cita dan Refleksi Natal menjadi semangat menghadapi Covid-19. Salam sehat dari Sekolah Cikal dan Rumah Main Cikal (sfa)

I'M INTERESTED