Potret Keseruan Perayaan Natal Sekolah Cikal Secara Hybrid : Dari Hias Pohon Natal hingga Berbagi Kasih ke Panti Asuhan!


Sekolah Cikal. Perayaan Natal selalu lekat dengan kehangatan, suka cita, dan berbagi kasih yang merefleksikan kebaikan dan rasa syukur. Di perayaan Natal 2021, murid-murid dari Sekolah Cikal, Rumah Main Cikal, dan Pendidikan Inklusi Cikal menghidupkan semarak perayaan Natal dengan berbagai kegiatan antara lain, drive-thru, Ibadah bersama, penampilan musik, kegiatan mendekorasi pohon Natal bersama keluarga, membuat prakarya Natal secara hybrid (daring dan luring) hingga berbagi kasih Natal dengan Panti Asuhan Yayasan Kasih Mandiri Bersinar Jakarta. 


(keseruan kegiatan perayaan Natal di Sekolah Cikal Surabaya, Serpong, Cilandak. Dok. Cikal)


Menghias Pohon Natal dan Membuat Prakarya Natal


Sebagai ketua pelaksana Natal Sekolah Cikal Jakarta, Christopora Intan Himawan Putri, atau yang akrab disapa Intan, momen perayaan Natal tahun 2021 di Sekolah Cikal secara campuran atau hybrid ditujukan untuk meningkatkan keterlibatan dan suka cita Natal dengan tetap menjaga protokol kesehatan di semua lokasi baik Jakarta, Bandung, Tangerang, hingga Surabaya.


“Di tahun ini, kita berharap keterlibatan orang tua dan anak lebih terasa. Ada sesi Drive-Thru sekaligus pemberian donasi dari murid dan orang tua, serta perayaan puncaknya. Anak-anak semua bahagia, orang tua terlibat dan rasanya momen ini benar-benar menjadi momen yang selalu dirindukan dan membahagiakan.” tutur Intan.


Di Sekolah Cikal Surabaya, kegiatan Natal bersama keluarga menghadirkan aktivitas menghias pohon Natal bersama keluarga secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan. Lalu, di Sekolah Cikal Cilandak, murid-murid membuat prakarya Natal dengan pernak-pernik yang unik dan suasana yang menyenangkan. Sedangkan di sekolah Cikal Serpong, kegiatan dilakukan dengan bernyanyi bersama secara virtual. 


(Sesi renungan cinta kasih kristus di perayaan Natal Sekolah Cikal untuk tingkat SMP dan SMA 2021. Dok. Cikal)


Selain di tingkat SD, ada pula murid-murid di tingkat SMP dan SMA yang mengadakan sesi renungan Natal dengan tema “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan” para murid berdoa dan melakukan refleksi yang mendalam dengan pastor Johan Nugroho. 


Ajak Murid Refleksi, Berbagi pada Sesama di Kala Pandemi


Di tahun ini pula, Sekolah Cikal mengajak murid-murid berbagi kasih dengan anak-anak di Panti Asuhan Yayasan Kasih Mandiri Bersinar di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 


“Melalui perayaan Natal tahun ini, kami para guru merefleksikan Kompetensi 5 Bintang Cikal, dalam setiap kegiatan. Salah satunya berbagi kasih dengan anak-anak di panti asuhan. Hubungannya adalah bagaimana kita berperilaku, serta berinteraksi dengan teman-teman dan anak-anak lainnya. Refleksinya adalah pandemi memang akan terus terjadi, namun karena kita memiliki nikmat, maka berbagi adalah salah satu caranya untuk membahagiakan orang lain di suka cita Natal.” jelas Intan.


(Potret pemberian donasi ke panti asuhan Yayasan Kasih Mandiri Bersinar oleh murid-murid Sekolah Cikal. Dok. Cikal)


Sebagai upaya menghidupkan semangat Natal, Sekolah Cikal berupaya untuk melibatkan orang tua dalam kegiatan anak, serta mengajak anak mengasah kepeduliannya dengan berbagi, dan menghidupkan suka cita melalui percakapan bermakna.  


“Pada kegiatan di Sekolah Cikal, perayaan Natal selalu lekat dan melibatkan orang tua dalam penampilan, eksplorasi kegiatan. Sehingga aktivitas Natal ini selalu membangun percakapan, dan kegiatan yang bermakna dalam kehidupan anak.” tutup Intan. (*)

I'M INTERESTED