3 Aspek Penting Saat Memilih Prasekolah yang Tepat Bagi Anak


Bandung, Rumah Main Cikal. Menyekolahkan anak sejak usia dini merupakan hal yang esensial menurut para ahli pendidikan sebagai langkah mengoptimalkan potensi, dan kemampuan bersosialisasi anak. Namun, bagaimana cara memilih sekolah PAUD yang tepat bagi orang tua dengan anak-anak usia dini? Apa aspek penting yang perlu dilihat dan digali lebih dalam ketika memilih PAUD yang tepat bagi anak?



(Kegiatan PTMT Rumah Main Cikal dilakukan dengan protokol kesehatan. Dok. Rumah Main Cikal)


Christopora Intan Himawan Putri, S.Pd M.Psi T atau yang akrab disapa Intan, pendidik Rumah Main Cikal yang juga merupakan ahli PAUD menerangkan bahwa terdapat 3 aspek yang harus digali lebih dalam saat memilih PAUD untuk anak usia dini, sebagai berikut.


Pertama, Visi Misi Terhadap Tujuan Pendidikan Anak


Menemukan PAUD atau Prasekolah yang tepat bagi anak usia dini dapat dilihat dari visi-misi yang dimiliki oleh sekolah. Intan menuturkan bahwa keselarasan visi dan misi jangka panjang pendidikan anak usia dini dari sisi orang tua dengan sekolah sangat penting untuk optimalisasi tumbuh kembang anak. 


“Keluarga adalah komunitas pertama dan utama anak. Pada masa pandemi ini kolaborasi antara sekolah dan juga keluarga menjadi kunci dari kesuksesan proses belajar. Rumah Main Cikal senantiasa melibatkan orang tua dalam proses tumbuh kembang anak.” tutur Intan. 

(Pemetaan kompetensi anak usia dini dilakukan dengan berdiskusi dengan orang tua dan menghadirkan kegiatan yang bermakna di Rumah Main Cikal. Dok. Rumah Main Cikal)

Di Rumah Main Cikal misalnya Intan menjelaskan bahwa pendidikan anak usia dini di Cikal berfokus pada pengembangan diri setiap anak sesuai dengan fase tumbuh kembangnya untuk mencapai kompetensi 5 Bintang Cikal dalam diri anak dengan 5 Dimensi Utama (Komunikatif, Peduli, Cerdas, Berimbang, Sehat).

“Secara berkala orang tua dan guru akan berdiskusi membahas PCC (Personalized Curriculum Circle) yang merupakan jurnal belajar personal setiap anak sesuai dengan perkembangan maupun kebutuhan anak tersebut. Hal ini akan mempengaruhi pendekatan yang dilakukan oleh guru kepada setiap anak.” jelas Intan.





Kedua, Program Belajar 


Mengenali PAUD yang tepat bagi anak usia dini dapat dilihat dari program belajarnya. Di Rumah Main Cikal sendiri, menurut Intan, belajar sambil bermain (Play-Based Learning) adalah ciri yang paling unggul di setiap prosesnya. 

“Belajar sambil bermain adalah ciri dari Rumah Main Cikal. Setiap anak dari setiap jenjang memiliki kesempatan yang besar untuk banyak bereksplorasi melalui lingkungan mereka untuk menemukan ide-ide pemikiran yang akan didiskusikan secara bersama.” tutur Intan. 

Orang tua juga perlu memahami bagaimana program belajar yang berlangsung saat pandemi baik daring, luring, atau campuran (blended learning). Di Rumah Main Cikal sendiri menurutnya, anak juga mendapatkan learning kit selama proses pembelajaran jarak jauh yang membantu menunjang kegiatan belajar agar semakin menyenangkan dan memastikan bahwa pemenuhan alat belajar anak secara daring dan luring terpenuhi.


Ketiga, Bahasa Pengantar 

Setiap orang tua dengan anak usia dini pasti memiliki preferensi tersendiri dalam penggunaan bahasa bagi anak dalam memilih sekolah PAUD, baik itu Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. 

Bagi pendidik yang merupakan lulusan Magister Psikologi Terapan Anak Usia Dini Universitas Indonesia ini, bahasa Indonesia menjadi salah satu sarana untuk mengasah kompetensi  berbahasa anak secara utuh di Rumah Main Cikal. Bahasa Inggris sendiri diberikan sebagai sarana untuk meningkatkan kematangan berbahasa anak. 

“Di Rumah Main Cikal, kami menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar pada jenjang Bayi-bayi, Adik-adik dan Kakak-Kakak. Hal ini membantu proses pemerolehan bahasa secara utuh pada anak. Pengenalan pada Bahasa Inggris melalui instruksi sederhana, lagu dan cerita mulai dilakukan pada jenjang Pre-Kindie di mana keterampilan berbahasa anak sudah semakin matang.” jelasnya.

Tentu, dalam hal ini Intan juga menuturkan bahwa opsi pemilihan bahasa ini dikembalikan kepada orang tua sebagai bahan pertimbangan ketika memilih sekolah PAUD atau Prasekolah untuk anak usia dini.(*)

------------

Ketahui lebih lanjut mengenai pendaftaran di Rumah Main Cikal di lokasi yang terdekat melalui kontak di bawah ini.

RMC Lebak Bulus:0811-1723-551 (Tante Sari)

RMC Serpong: 0852-1773-7124 (Tante Atha)

RMC Surabaya: 0815-1550-1010 (Tante Devi)

RMC Bandung: 0851-6143-2320 (Tante Suci)

I'M INTERESTED