3 Cara Sekolah Inklusi Mempersiapkan Anak Berkebutuhan Khusus Untuk Pendidikan Lanjutan dan Pilihan Karir

Durasi Baca : 2 Menit, 45 Detik 


Jakarta, Pendidikan Inklusi Cikal.Mempersiapkan pengembangan diri anak-anak berkebutuhan khusus untuk kehidupan luar sekolah dan pendidikan lanjutannya menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan oleh orang tua.


Program Manajer Pendidikan Inklusi Cikal, Purwani Vinaltri atau yang akrab disapa Purwani menyebutkan bahwa terdapat 3 cara sekolah inklusi mempersiapkan anak berkebutuhan khusus hadapi kehidupan luar sekolah dan pendidikan lanjutannya sebagai berikut. 

Pertama, Mengasah Kemampuan Kognitif dan Fungsional Anak Berkebutuhan Khusus


Sebagai sekolah inklusi, Sekolah Cikal melalui lini Pendidikan Inklusi Cikal senantiasa memberikan pendampingan berupa akomodasi belajar dan modifikasi kurikulum menyesuaikan kebutuhannya serta mengasah pengembangan diri anak, termasuk fungsi kognitif dan  fungsionalnya yang dapat diterapkan langsung dalam keseharian anak bersama orang tua di rumah dan di luar sekolah. 


“Murid-murid dengan kebutuhan khusus di sekolah Cikal didampingi untuk mengembangkan berbagai keterampilan dan kompetensi, bukan hanya pada keterampilan kognitif namun juga murid dapat mengembangkan keterampilan belajar untuk dirinya. Selain itu, murid dapat mengembangkan diri pada keterampilan mengenali emosi dan regulasi emosi. Murid memiliki keterampilan bagaimana membangun interaksi yang sehat,  postif, adaptif serta dapat berkontribusi dalam komunitas.” tuturnya. 


Baca juga : Lakukan Tiga Tahapan ini Untuk Tumbuhkan Kepercayaan Diri Pada Anak Berkebutuhan Khusus!

Kedua, Memetakan Minat Bakat serta Konseling Berkala Bagi Anak Berkebutuhan Khusus


Purwani menuturkan bahwa hal kedua yang dilakukan oleh sekolah inklusi dalam hal ini Sekolah Cikal adalah dengan mendampingi proses pemetaan minat bakat anak-anak berkebutuhan khusus serta kehadirkan konseling berkala bersama anak dengan psikolog, atau pendidik berkebutuhan khusus. 


“Kebutuhan khusus yang ada di Pendidikan Inklusi Cikal beragam antara lain murid dengan kesulitan belajar (disleksia), murid dengan spektrum autisme, ADHD, Global Delay Development (GDD), speech delay, down syndrome, murid dengan gangguan pendengaran, selective mutism dan gangguan pada sensori. Semua murid Cikal pada jenjang SMA akan mengikuti tes minat dan bakat dan konseling. Dalam hal ini, kami percaya dengan program-program yang kami miliki, kami bisa memberikan dukungan belajar bagi murid kebutuhan khusus dengan optimal sesuai dengan kebutuhan khususnya.” tambah Purwani. 


Baca juga :3 Pola Pengaturan Belajar Tepat Untuk Melatih Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Menurut Pendidikan Inklusi Cikal!

Ketiga, Mengikuti Program Magang Bagi Anak Berkebutuhan Khusus


Hal ketiga yang disebutkan oleh Purwani adalah mengikutsertakan anak-anak berkebutuhan khusus dalam program magang sesuai minat dan bakatnya. Program magang Pendidikan Inklusi Cikal merupakan program yang diinisiasi untuk pengembangan keterampilan dan potensi anak-anak berkebutuhan khusus di Sekolah Cikal sebagai bagian dari persiapan karir anak-anak berkebutuhan khusus. 


“Sebagai bagian dari eksplorasi karir, anak-anak di Pendidikan Inklusi Cikal juga kami ajak untuk mengikuti kegiatan career day dan magang. Salah satu program magang kami tahun ini adalah program magang bagi  murid kami kelas 11 magang sebagai content writer.” ceritanya. 


Kehadiran program magang ini tentu berkaitan erat dengan proses pemetaan minat bakat serta konseling yang dilakukan bersama anak-anak, guru dan orang tua.  Proses pemetaan nantinya akan menghasilkan rekomendasi kegiatan magang yang dapat dipilih di luar sekolah atau di dalam sekolah dengan tujuan akhir mengasah keterampilan baik itu komunikasi dan kolaborasi untuk pendidikan lanjutan yang cocok sesuai minatnya. 


“Biasanya kami melakukan pemetaan kebutuhan murid dengan melihat keterampilan yang sudah dimiliki dan melihat kemungkinannya untuk pengembangan potensi. Sehingga kami bisa merekomendasikan kegiatan yang bisa diambil di luar sekolah untuk pengembangan potensi dan merekomendasikan program-program di sekolah sebagai prerekuisit mereka untuk melanjutkan pendidikan lanjutan nantinya.” tutupnya. (*)


Baca juga :Pendidikan Inklusi Cikal Hadirkan Program Magang Content Writer Bagi Anak Berkebutuhan Khusus




Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal sebagai sekolah inklusi melalui Pendidikan Inklusi Cikal melalui Whatsapp berikut : http://bit.ly/cscikal (tim Customer Service Cikal)




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana 



I'M INTERESTED