3 Tahap Mempersiapkan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

3 Tahap Mempersiapkan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Bandung, Pendidikan Inklusi Cikal. Setiap anak memiliki keunikannya masing-masing termasuk anak berkebutuhan khusus. Dalam menemukan dan mendaftarkan anak berkebutuhan khusus di lembaga pendidikan, orang tua tentu harus mempersiapkan sekolah yang tepat sehingga kebutuhan belajarnya dapat terpenuhi dengan optimal. 


Kepala Pendidikan Inklusi Cikal (PIC), Husnul Chotimah, S.Psi menyatakan bahwa terdapat 3 tahap yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mempersiapkan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, yaitu sebagai berikut. 



Pertama, Konsultasi dengan Ahli 


Melakukan konsultasi dengan ahli kesehatan dan ahli psikologi dapat dilakukan sebagai tahapan pertama mempersiapkan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus untuk mengamati perkembangan. 


“Konsultasi dengan ahli kesehatan seperti dokter anak atau psikologis dapat dilakukan sebagai upaya pengecekan perkembangan sehingga orang tua dapat segera diketahui apabila diperlukan intervensi berupa terapi.” Ucap pendidik yang akrab disapa Nuli ini. 


Kedua, Kenali Kemampuan Diri Anak Sesuai Tahapan Perkembangannya. 


Dalam tahapan ini, orang tua dapat mengetahui dan mengenal lebih dalam lagi kemampuan diri anak sesuai tahapan perkembangannya. Pada tahap ini juga, orang tua yang mulai mempertimbangkan pilihan sekolah direkomendasikan untuk mendampingi anak.


“Sekolah pada dasarnya direkomendasikan untuk membantu perkembangan anak sebagai wadah interaksi sosial dan pengenalan dirinya. Dalam hal ini terdapat dua opsi pilihan, yaitu sekolah inklusi atau sekolah luar biasa yang tentunya disesuaikan kembali dengan fungsi, visi misi, dan tujuan jangka panjang orang tua dan anak.” Tutur Nuli.


Ketiga, Melakukan Adaptasi 


Melaksanakan adaptasi besar dapat diartikan sebagai langkah untuk mengikutsertakan anak berkebutuhan khusus untuk melakukan berbagai bentuk kegiatan sesuai dengan tahapan umurnya agar dapat mengetahui minat dan potensi anak.


“Di Pendidikan Inklusi Cikal misalnya, memberikan pengembangan diri (non akademis) juga akan membangun kemandirian, pengenalan diri sendiri, serta meregulasi emosi.” tutup Nuli.(*)




Tanyakan Selengkapnya Tentang Akomodasi Belajar dan Modifikasi Kurikulum  di Pendidikan Inklusi Cikal (PIC) melalui:


  • PIC JAKARTA : +62 877-2555-4100

  • PIC BANDUNG : +62 815-7595-7599

  • PIC SURABAYA:  +62 815-7595-7599

I'M INTERESTED