Minati Baseball Sejak Kecil hingga Wakili Tim Baseball Indonesia di Kompetisi Asia Pasifik. Simak Cerita Dito Murid SMP Cikal Amri Setu


Jakarta, Sekolah Cikal Amri Setu. Mengembangkan minat yang telah ditemukan di dalam bidang olahraga, mengasahnya hingga berprestasi dan tetap menikmati proses belajar di sekolah tentu menjadi sebuah tantangan yang luar biasa.


Namun, hal ini bisa dilakukan oleh Brama Anindito Prabowo, atau yang akrab disapa Dito. Murid yang kini berada di kelas 8 SMP Cikal Amri Setu Jakarta Timur dapat berhasil mengasah minatnya di bidang olahraga baseball hingga berprestasi seraya menjalankan pendidikan. Pada bulan Maret 2022, Dito berhasil bergabung menjadi atlet baseball U-15 DKI Jakarta, dan diketerlibatannya tim baseball DKI Jakarta berhasil meraih kejuaraan nasional U-15. 


(Brama Anindito Prabowo, Murid Kelas 8 SMP Cikal Amri Setu, berpretasi di bidang olahraga Baseball. Dok. pribadi)


Minati Olahraga Sejak Usia 8 Tahun



Dito menceritakan bahwa ia menyukai olahraga khususnya baseball sejak usia 8 tahun. Ketertarikan ini bermula dari pendampingan ayahnya mengajak Dito melakukan eksplorasi olahraga. Dito menegaskan bahwa minatnya pada olahraga karena ia melihat baseball.


“Saya menyukai olahraga itu juga berawal dari baseball sebetulnya. Kenapa baseball?  Waktu itu ketika saya umur 8 tahun, Bapak saya mengajak saya untuk pergi ke Gelora Bung Karno pada hari Minggu untuk survei olahraga yang kira-kira saya suka dan saya tertarik dengan baseball, semenjak itulah saya suka olahraga.” cerita Dito. 



Dari Kejuaraan U-12 hingga Wakili Indonesia di Kompetisi Baseball Internasional


Pengembangan minat Dito menjadi prestasi pun terus bertambah setiap tahunnya sejak bergabung di Tim Baseball DKI Jakarta. Ia bahkan telah dua kali mewakili DKI Jakarta bersama tim di ajang kompetisi baseball Nasional U-12 dan U-15.


“Awalnya saya masuk sebagai anggota di beberapa klub baseball di Jakarta pada usia 8 tahun. Sampai hari ini, saya sudah 2 kali mewakili tim DKI jakarta dalam kejuaraan nasional, yang pertama pada 2020 untuk mengikuti kejuaran nasional U-12 dan tahun 2022 ini untuk kejuaraan nasional U-15.” ucapnya.  


(Dito merupakan salah satu atlet Baseball DKI Jakarta pada tahun 2020 hingga sekarang. Dok. Pribadi)


Dito pun menceritakan secara singkat bahwa terdapat beberapa tahapan seleksi yang dilakukan untuk bergabung di Tim Baseball DKI Jakarta. 


“Untuk masuk sebagai tim DKI ada beberapa tahapan seleksi. Rasanya menang tentu sangat senang apalagi itu untuk pertama kalinya saya juara 1 di kejuaraan nasional U-15 sebelumnya saya dan tim hanya mendapatkan peringkat kedua pada kategori U-12, tapi saya senang walaupun menjadi juara 2, karena saya mendapatkan penghargaan individu sebagai best slugger dan best pitcher.” tuturnya dengan penuh antusias.


Selain bergabung dengan Tim DKI Jakarta dan klub lokal Jakarta, Dito pun ternyata telah berhasil mengikuti berbagai turnamen baseball luar negeri. 


“Dengan tim DKI Jakarta, khususnya klub, saya seringkali mengikuti berbagai turnamen yang diadakan di dalam negeri maupun luar negeri, terakhir itu mengikuti turnamen luar negeri pada tahun 2019 untuk Pony Bronco Asia Pasific, Miyazaki, Jepang. Di kompetisi tersebut,  tim kami berhasil keluar meraih juara 1 waktu bertanding di Indonesia, dari sanalah tim kami berhak mewakili Indonesia untuk tingkat Asia Pasifik. Pada tahun 2020 pun seharusnya tim kami juga berangkat ke Tiongkok untuk mengikuti Pony Bronco Asia Pasific, tetapi karena pandemi, jadi tidak berangkat.” ceritanya. 


Ia juga termasuk salah satu atlet baseball yang masuk dalam Pembinaan Olahraga Prestasi Berkelanjutan (POPB) DKI Jakarta pada tahun 2020 dan 2021. 


(Baca juga : Minati Tari hingga Banggakan Indonesia di Kancah Internasional, Simak Cerita Audrey Murid SMP Cikal Amri Setu!)

Pengalaman Dito Bertumbuh di Sekolah Cikal 


Memulai pendidikannya di Sekolah Cikal Amri Setu di kelas 7 SMP, Dito bercerita bahwa hal yang membuatnya merasakan nyaman adalah lingkungan dan interaksi yang dibangun oleh setiap anggota komunitas. 


“Saya bersekolah di Cikal sejak kelas 7 pada tahun 2020, saya nyaman dan senang berada di Cikal karena teman dan gurunya sangat baik.” ceritanya.


Hal lain yang membuat ia merasa nyaman adalah dukungan dan pendampingan yang diberikan, apabila Dito harus bertugas mewakili tim baseball DKI Jakarta mengikuti kompetisi. 


“Saya merasa Sekolah Cikal mendukung saya dengan memberikan izin ketika ada turnamen pada hari sekolah, itu membuat saya lega dan bisa fokus pada turnamen dan menyelesaikan tugas-tugas setelah turnamen.” tuturnya. 


Di sela-sela kesibukannya, ia tetap bisa dengan baik mengelola waktunya untuk belajar. Selama di Sekolah Cikal, ia berbagi cerita bahwa program Physical Education dan Social Studies merupakan program favoritnya dikarenakan proses pembelajaran yang berintegrasi dengan situasi dan kondisi terkini masyarakat. Selain itu, gueu pun memberikan berbagai referensi kontekstual dalam proses analisis informasi dan pengetahuan.


“Program yang saya suka di sekolah adalah Physical Education dan Social studies, karena pelajarannya saya suka dan gurunya memberikan penjelasan yang mudah dipahami dan dimengerti.” ucapnya. 



Impian Dito dan Masa Depan Baseball 


Dalam proses pengembangan diri dan pembelajarannya di Sekolah Cikal Amri Setu, Dito pun tetap membangun impian dan citanya untuk bermain dan menjadi Major League Baseball (MLB) player mewakili Indonesia di Amerika Serikat. 


“Saya mempunyai impian untuk bisa bermain dan menjadi Major League Badeball player (MLB) di Amerika, semoga ada kesempatan.” tutupnya dengan penuh keramahan.(*)


(Baca juga : Buat Tas Belanja dari Bungkus Mie Instan, Simak Cerita Pandu Murid SMP Cikal Serpong yang Peduli Lingkungan dan Kesejahteraan Hewan!)





Wah, keren dan menginspirasi sekali cerita Dito, bukan? Ketahui dan tanyakan pendampingan dan pemetaan minat bakat di Sekolah Cikal Amri Setu melalui kontak berikut +62 811-1156-599





Artikel ini ditulis dan diproduksi oleh Tim Konten dan Publikasi Cikal 

  • Editor : Layla Ali Umar dan Stephani Tara Hestiningtyas

  • Penulis : Salsabila Fitriana

Copyright, 2022. 


I'M INTERESTED