Orang tua, Coba Cara Ini Untuk Mengasah Sosial Emosional Anak Saat Pandemi

Jakarta, Sekolah Cikal Amri Setu. Masa pandemi dan keterbatasan pergerakan anak di rentang usia 4 sampai dengan 5 tahun tetap dapat menjadi peluang yang baik dan tepat bagi orang tua untuk mengasah kemampuan sosial dan emosional anak dari rumah saja. 


Psikolog Anak dan Remaja yang juga merupakan Konselor di Sekolah Cikal Amri Setu, Winny Suryania, M.Si, Psi menyatakan bahwa terdapat dua cara sederhana yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mengasah kemampuan sosial dan emosional anak saat pandemi antara lain, 

Pertama, Bangun Kegiatan Bermain Bersama Anak di Rumah 


Menurut Winny, masa pandemi ini tentunya memang menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua untuk memfasilitasi sosial emosional anak dengan interaksi sosial dari luar rumah. Namun, dengan mengoptimalkan waktu luang membangun kegiatan bermain bersama anak akan tetap dapat menjadi cara tepat mengasah kemampuan sosial dan emosional anak. 


“Pada usia 4 tahun, misalnya, anak masih mengembangkan sosial emosional dengan belajar melalui interaksi dengan orang tuanya. Pada masa pandemi ini, Ibu atau Ayah bisa meluangkan waktu untuk secara rutin memiliki kegiatan bermain dengan anak. Dalam kegiatan bermain tersebut, anda bisa membacakan cerita mengenai cara berinteraksi dasar dengan orang lain, belajar emosi, dan cara yang tepat dalam menyampaikan emosi.” tutur Winny. 


Kedua, Bangun Komunikasi dan Interaksi dalam Kegiatan Sehari-Hari


Selain membaca cerita, ia pun juga menuturkan bahwa membangun komunikasi dan interaksi dalam aktivitas dan kegiatan sehari-hari secara berkelanjutan juga dapat mengasah kemampuan sosial dan emosional secara optimal.  


“Menciptakan kondisi komunikasi dan interaksi yang nyaman dan aman dengan anak juga dapat mengembangkan kemampuan adaptasi anak untuk nantinya menjadi bekal dalam interaksi bersama teman-temannya di luar rumah.” ucapnya. 


Kegiatan-kegiatan sehari-hari yang dapat dilakukan misalnya, saat membersihkan atau merapikan kamar anak, menyiram bunga, mencuci sepatu bersama, melukis dan sebagainya.


Wah ternyata hal-hal sederhana dapat mengoptimalisasikan kemampuan sosial dan emosional anak di rumah ya. Sudahkah dicoba? Atau akan mencobanya di rumah? (*)




Tanyakan informasi mengenai pengembangan minat, dan bakat di usia Sekolah Dasar (SD) Cikal Amri Setu melalui 0811-1156-599 (Whatsapp)

I'M INTERESTED