Orang tua, Inilah 5 Tips Membangun Motivasi Remaja Selama Belajar Daring dari Psikolog Cikal!

Jakarta, Cikal. Memasuki tahun kedua di masa pandemi, bukanlah masa yang mudah untuk dijalani. Menurut Psikolog Cikal, Dini Rahmawati, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi para remaja selama masih belajar di rumah!

Buat Jadwal Terstruktur

Menciptakan sebuah struktur selama belajar daring membantu menjaga kesehatan mental, serta membuat jadwal bisa membantu kita untuk lebih mudah mengantisipasi keadaan setiap hari. Pembuatan jadwal juga memudahkan kita untuk menerapkan kebiasaan yang baik dengan mengulang aktivitas secara konsisten.


Pecahkan Tugas Menjadi Bagian yang Lebih Kecil

Projek besar atau ujian penting yang pasti akan dihadapi selama belajar cukup menyita banyak perhatian, waktu, dan tenaga. Dalam menyelesaikan proyek atau ujian akan lebih mudah jika tugas atau bahan ujian dipecah menjadi bagian yang lebih kecil. Pastikan juga semua rencana pengerjaan proyek atau ujian dijadwalkan seperti pada poin sebelumnya.


Atur Waktu Cukup Untuk Istirahat

Belajar di rumah membuat kita merasa kelelahan yang berbeda karena kita tidak terbiasa untuk hidup di lingkungan yang tanpa adanya keberagaman, baik lingkungan fisik atau sosial. Hal ini dapat membuat kita merasa kewalahan dan lelah. Sempatkan waktu di setiap harinya untuk melakukan kegiatan yang tak berkaitan dengan sekolah, misalnya melakukan hobi. Sebisa mungkin aktivitas itu tidak melibatkan layar komputer atau handphone. Pastikan tidur yang cukup minimal 9 jam per hari.


Bangun Komunikasi Intensif dengan Guru dan Teman

Menjaga komunikasi dengan teman dan guru tidak hanya penting untuk memastikan tahu berita terbaru mengenai kegiatan sekolah, tapi juga untuk memastikan kebutuhan sosialmu terpenuhi. Sekarang ada berbagai macam cara untuk berkomunikasi, baik lewat teks, telepon, atau video. Bentuk apapun komunikasi yang kamu sukai, usahakan untuk sering menjaga komunikasi dengan teman dan guru.


Bersabar Dengan Diri

Dalam kondisi pandemi seperti ini membuat dan mengikuti jadwal atau berkomunikasi erat dengan orang lain akan lebih sulit dijalankan. Bila kita tidak bisa mengikuti rencana yang kita buat di awal tahun ajaran, penting untuk bersabar dan lembut dengan diri sendiri. Semua orang pasti mengalami kesulitan dalam hidup, yang terpenting bukanlah menghindari kesulitan tersebut, namun bisa melewatinya dengan aman dan selamat. Jangan segan untuk bertanya pada orang yang dipercayai jika membutuhkan bantuan.


Membangun dan menjaga motivasi remaja untuk tetap stabil sepanjang pandemi memang tidak mudah, namun tidak ada salahnya untuk para orang tua membangun komunikasi yang baik agar tetap termotivasi dan semangat belajar dan berkarya dari rumah!

I'M INTERESTED