Orang Tua, Seperti ini Gambaran Program Belajar Bahasa Inggris di Sekolah Cikal

Orang Tua, Seperti ini Gambaran Program Belajar Bahasa Inggris di Sekolah Cikal

Tangerang Selatan, Sekolah Cikal. Pengembangan kompetensi Bahasa Inggris murid tentu menjadi esensial untuk masa kini dan masa depan nanti. 


Sebagai sekolah swasta nasional yang memiliki lisensi dan framework internasional antara lain Cambridge dan International Baccalaureate (IB), Cikal tentunya juga menghadirkan program Bahasa Inggris. Seperti apa ya gambarannya? Simak di bawah ini ya. 


Program Bahasa Inggris Sekolah Cikal, Gunakan Istilah Acquisition dan Literature 


Di Sekolah Cikal, istilah Acquisition dan Literature merupakan istilah yang khas dan digunakan di setiap jenjang dan program bahasa, salah satunya Bahasa Inggris. Menurut Puti Almirsha Hamid, Wakil Kepala Kurikulum Cikal (Vice Head of Curriculum Cikal),Acquisition dan Literature akan diterapkan di setiap awal jenjang, baik di tingkat Reception atau TK,  Year 1, Year 2, kelas 7,  dan kelas 10.


“Untuk kelima jenjang tersebut akan diwajibkan program bahasa yang “Acquisition”, baik Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia.  Jadi, tidak perlu khawatir apabila baru masuk Cikal di jenjang tersebut.” tutur Puti. 


Baca juga : Remaja, Seperti Ini Cara Atur Screen Time Saat Belajar Daring


Tak Hanya Komunikasi, Melainkan Asah Kemampuan Analisis, dan Reflektif 


Ia juga menyatakan bahwa dalam penerapan program bahasa, kedua istilah tersebut memiliki makna dan esensi yang berbeda. Untuk Acquisition, murid akan diasah kemampuan analisisnya dengan memetakan penggunaan bahasa sebagai sarana berkomunikasi. Selain itu, Literature akan mendorong murid mengasah kemampuan reflektifnya sebagai manusia. 


“Acquisition di Cikal dalam program Bahasa Inggris diharapkan dapat mengembangkan keterampilan menganalisis tulisan, membandingkan dua teks dan memahami struktur laporan ilmiah, serta memahami esai argumentatif dalam diri murid. Sedangkan Literature atau dari sisi kesusastraan, kami ingin mengajak anak untuk melakukan refleksi dengan menghubungkan cerita dengan pesan yang kontekstual di kehidupan sehari-hari.” jelasnya. 


Sebagai salah satu pendidik program Bahasa Inggris, Ghea Flasentika, menyatakan bahwa dalam keseharian, murid-murid menikmati proses belajar Bahasa Inggris dengan berbagai media yang digunakan, baik video atau buku-buku berkualitas yang dihadirkan oleh Cikal. 


“Program Bahasa Inggris di Cikal merupakan program English for learning atau Bahasa Inggris untuk pembelajaran. Kami berharap dalam proses belajar, murid-murid akan menemukan banyak hal yang lebih luas lagi dari ruang kelas dengan berbagai media, misalnya video. Dan untuk asesmen kami pun juga menghadirkannya dengan pola yang berbeda, jadi tak sekadar mengerjakan tes, dan berorientasi nilai. Semua lebih dari nilai, melainkan makna esensi belajar yang mengasah pengembangan kompetensi diri murid.” tutup Ghea. (*)


Baca juga : Sekolah Cikal Serpong Resmi Dapat Lisensi Cambridge Assessment Center




  • Pewarta dan Inisiator Ide Kreatif : Bagus Arya Kencana, Kelas 11, Sekolah Cikal Serpong 
  • Pendamping: Cicilia Dewi Puspita Sari  (Homeroom Teacher Y4 - Y11 Pendidikan Inklusi Cikal Serpong)

  • Narasumber : Ghea Flasentika (Pendidik Sekolah Cikal Serpong)

  • Penulis dan Editor : Tim Konten & Publikasi Cikal 

**Artikel ini merupakan hasil publikasi dari Program Magang Murid Pendidikan Inklusi Cikal, Maret 2022

I'M INTERESTED