Sejarah Pendidikan Inklusi Cikal, Lini Pendidikan Inklusif Terintegrasi di Rumah Main Cikal dan Sekolah Cikal Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Sejarah Pendidikan Inklusi Cikal, Lini Pendidikan Inklusif Terintegrasi di Rumah Main Cikal dan Sekolah Cikal Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Durasi Waktu Baca : 3 Menit



Jakarta, Pendidikan Inklusi Cikal. Menghadirkan pendidikan berkualitas untuk semua, tanpa terkecuali bagi anak-anak berkebutuhan khusus menjadi salah satu dari 4 agenda prioritas pendidikan di G20. Indonesia dalam hal ini berupaya menguatkan komitmen menghadirkan pendidikan berkualitas yang inklusif dan mendorong semangat belajar sepanjang hayat sebagaimana tujuan dari pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) 2030.


Sebagai sekolah inklusi yang turut mendukung dan menguatkan komitmen menghadirkan pendidikan inklusif untuk semua, Sekolah Cikal dalam hal ini telah menghadirkan lini Pendidikan Inklusi Cikal yang telah terintegrasi dan hadir di semua lokasi pendidikan Cikal, baik itu di Jakarta, Tangerang Selatan, Bandung, hingga Surabaya. Komitmen ini tentu bermula dari sebuah perjalanan yang penuh dengan refleksi dari pendiri Cikal dan juga dari seluruh anggota komunitas pelajar sepanjang hayat Cikal. 



(Lokasi Pendidikan Inklusi Cikal, lini pendidikan inklusif di Sekolah Cikal seluruh lokasi. Dok. Cikal)


Seperti apa perjalanan dan sejarah berdirinya Pendidikan Inkusi Cikal sebagai lini pendidikan Inklusif yang telah terintegrasi di seluruh jenjang dimulai dari Prasekolah atau Pendidikan Anak Usia Dini hingga Sekolah Menengah Atas? Simak selengkapnya di bawah ini. 


Pendidikan Inklusi Cikal Bermula dari Pusat Dukungan Belajar Murid


Kepala Pendidikan Inklusi Cikal, Husnul Chotimah menceritakan bahwa sejak awal Cikal berdiri di tahun 1999, Cikal pada dasarnya telah membangun komitmen untuk selalu menghargai keberagaman murid, termasuk bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Sehingga dalam praktiknya sejak lama Cikal memang telah mengakomodasi Anak Berkebutuhan Khusus. 


“Sejak awal berdirinya, Cikal selalu menghargai keberagaman setiap murid. Keberagaman tersebut termasuk yang dimiliki oleh anak-anak dengan kebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus (ABK) di Cikal diterima dan dilibatkan untuk dapat belajar, bermain,

dan mengembangkan interaksi bersama di dalam situasi yang inklusif.” ucapnya. 


(Sejarah Singkat Pendidikan Inklusi Cikal di Sekolah Cikal. Dok. Cikal)


Komitmen dan praktik baik yang telah digaungkan ini pun semakin diperkuat dengan pendirian resmi Student Support Centre sebagai sebuah divisi khusus yang dihadirkan Cikal sebagai pusat dukungan belajar bagi anak-anak berkebutuhan khusus. 


“Unit Pendidikan Inklusi Cikal (PIC) awalnya merupakan suatu divisi khusus di setiap lokasi sekolah yang disebut Student Support Centre (SSC). Divisi ini merupakan bagian dari sekolah yang memberikan layanan dukungan belajar bagi ABK ketika mereka belajar bersama dengan teman-teman seusianya. Divisi ini memiliki pendidik dengan latar belajar pendidikan khusus yang memiliki keterampilan untuk mengembangan Program Pembelajaran Individu (PPI), serta melakukan berbagai akomodasi dan modifikasi belajar bagi ABK di sekolah inklusi.” ceritanya. 


Komitmen yang Kuat, Hadirkan Pendidikan Inklusif yang terpusat di Cikal 


Dengan semakin menguatkan komitmennya untuk mengembangkan pendidikan inklusif dan lingkungan yang inklusif bagi seluruh murid, tanpa terkecuali, maka Cikal pun resmi mendirikan Pendidikan Inklusi Cikal untuk selalu mengembangkan ruang dan layanan pendidikan terbaik bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus di Cikal. 


“Ketika Cikal berkomitmen untuk menerapkan pembelajaran inklusif bagi seluruh murid, tentunya komitmen tersebut tidak saja terbatas komitmen sebagai suatu lembaga pendidikan. Komitmen tersebut harus meliputi kesungguhan untuk dapat melibatkan seluruh warga Cikal dan senantiasa terus belajar, serta mengembangkan diri agar dapat memberikan layanan yang terbaik bagi ABK.” tambahnya. 


Dengan semakin menguatnya komitmen tersebut dan banyak dari orang tua yang membutuhkan layanan dari divisi pusat dukungan belajar anak berkebutuhan khusus tersebut, maka Cikal pun secara resmi mendirikan pengelolaan terpusat dengan nama Pendidikan Inklusi Cikal di peringatan ulang tahun ke-22nya. 


Di Pendidikan Inklusi Cikal, terdapat dua bagian penting yang dihadirkan antara lain, program dan juga aktivitas dalam pembelajaran dan pengembangan diri Anak Berkebutuhan khusus. 


  • Untuk program, terdapat 3 Program Group Utama yakni Akademik PIC, PIC Functional (termasuk vokasional) dan PIC Personal Development. 


  • Untuk aktivitasnya, terdapat intervention and development, early intervention (diperuntukkan bagi jenjang PAUD) dan Terapi.


Pendidikan Inklusi Cikal Programs Group

Pendidikan Inklusi Cikal Activities

  • Academic PIC 

  • Intervention and Development 

  • PIC Functional (Inc. Vocational)

  • Early Intervention 

  • PIC Personal Development

  • Therapy





Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal bagi anak berkebutuhan khusus melalui Whatsapp berikut : https://bit.ly/cikalcs (tim Customer Service Cikal)




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : Husnul Chotimah, Kepala Pendidikan Inklusi Cikal

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana

I'M INTERESTED