Sekolah PAUD Untuk Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus, Seperti Apa Pemetaannya?

Surabaya, Rumah Main Cikal. Memilih sekolah PAUD yang tepat bagi anak dengan kebutuhan khusus yang telah terdeteksi dini menjadi prioritas utama. Pendidik Rumah Main Cikal, Christopora Intan Himawan Putri, S.Pd M.Psi T menyatakan bahwa proses observasi, intervensi dan kolaborasi dengan orang tua dan guru menjadi penting di sekolah PAUD. 


Pemetaan Anak Berkebutuhan Khusus di Usia Dini


Intan menceritakan bahwa dalam proses pembelajaran di Rumah Main Cikal yang menggunakan metode bermain sambil belajar bagi anak berkebutuhan khusus di usia dini dilaksanakan berkolaborasi dengan Pendidikan Inklusi Cikal, sebagai lini terdepan penyediaan program dan pendampingan inklusif bagi anak-anak berkebutuhan khusus untuk tetap menikmati proses pembelajaran sesuai kebutuhannya. 


“Rumah Main Cikal berkolaborasi dengan Pendidikan Inklusi Cikal untuk mendukung proses tumbuh kembang anak-anak yang berkebutuhan khusus.  Anak akan melalui tahapan observasi yang selanjutnya akan terjadi proses diskusi melihat kebutuhan dan perkembangannya. Ada pula anak yang memerlukan lebih banyak intervensi melalui Pendidikan Inklusi Cikal dan membutuhkan interaksi dalam kelompok besar bersama teman di kelas.  Ada juga yang sebaliknya membutuhkan porsi belajar kelompok besar yang lebih besar. Hal ini kembali lagi melihat perkembangan dan kebutuhan siswa.” jelas Intan.

Ia juga menambahkan bahwa dalam praktik kesehariannya anak-anak usia dini akan tetap mengikuti program dari Rumah Main Cikal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bersama para pendidik Rumah Main Cikal dan juga pendidik dari Pendidikan Inklusi Cikal untuk memenuhi kebutuhan khususnya secara lebih spesifik. 

“Stimulasi yang bertujuan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang ini juga selaras dengan kebutuhan bagi siswa yang memiliki kebutuhan khusus. Anak-anak akan diobservasi kemudian akan mengikuti program dimana mereka perlu melakukan kegiatan secara personal dan kegiatan yang dilakukan dalam kelompok besar sesuai dengan kebutuhan mereka.” tambahnya.

Diskusi mengenai perkembangan anak dengan kebutuhan khusus di usia dini juga dilakukan melalui umpan balik yang diberikan pada laporan belajar mingguan dan juga konferensi dua arah.

“Pada proses diskusi ini akan terjadi kesepakatan antara orang tua dan guru untuk membahas action plan bagi siswa untuk jangka pendek (3 bulan) maupun jangka panjang (satu semester).” tutupnya.(*)

------------

Ketahui lebih lanjut mengenai pendaftaran di Rumah Main Cikal di lokasi yang terdekat melalui kontak di bawah ini.

RMC Lebak Bulus:0811-1723-551 (Tante Sari)

RMC Serpong: 0852-1773-7124 (Tante Atha)

RMC Surabaya: 0815-1550-1010 (Tante Devi)

RMC Bandung: 0851-6143-2320 (Tante Suci)

I'M INTERESTED