Tiga Manfaat Lagu Anak Bagi Anak Usia Dini

Bandung, Rumah Main Cikal. Mendengarkan lagu anak kepada anak-anak usia dini dapat dimulai oleh orang tua sedini mungkin, baik dari usia adik-adik (1 Tahun - 2 Tahun), Kakak-kakak (2 Tahun -3 Tahun), hingga Pre-Kindie(3-4 Tahun). 


Pendidik Rumah Main Cikal, Gilang Puspasari, S.S atau yang akrab disapa Tante Lala menyebutkan bahwa terdapat 3 manfaat yang perlu diketahui oleh orang tua terkait pengenalan lagu bagi anak usia dini, sebagai berikut. 


  1. Menumbuhkan Kepekaan Anak Mengenal Diri Sendiri 


Menurut Lala, pemilihan lagu anak yang tepat dapat dilihat dari hal-hal yang dekat dengan anak, misalnya mengenai panca indera.  


“Musik dan lagu sudah dapat dikenalkan kepada anak-anak usia dini sebagai sarana yang untuk mengenalkan banyak hal. Misalnya belajar mengenal panca indera. Dengan menggunakan lagu yang liriknya berisi jenis dan fungsi panca indera misalnya, anak-anak akan mendapatkan pengetahuan dengan cara yang menyenangkan.” tuturnya.


(Sesi Drive-in Rumah Main Cikal dengan aktivitas nyanyi-nyanyi. Dok. Rumah Main Cikal)


Ia juga menambahkan bahwa dari lagu yang anak-anak dengar mengenai panca indera ini dapat juga menumbuhkan dan mengasah kepekaan anak mengenal diri sendiri.


“Selain menjadi cepat tahu mengenai apa saja panca indera yang mereka punya, anak-anak jadi lebih mengenal diri sendiri. Anak-anak juga jadi bisa belajar kosakata baru dan cara melafalkannya, bisa juga melatih kemampuan motoriknya dengan bergerak mengikuti lirik lagu, jadi lebih percaya diri.” jelasnya. 


  1. Mengasah Kemampuan Literasi dan Bahasa


Menurut Tante Lala, selain mengasah kepekaan untuk mengenal diri, mendengarkan lagu anak di masa ini juga dapat mengasah kemampuan literasi, dan bahasa anak. 


“Sekarang ini banyak sekali lagu-lagu anak yang dibuat sangat bagus, dengan lirik yang mudah diingat anak, dengan musik yang menarik perhatian anak-anak untuk bernyanyi dan menari, baik yang berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris.” ucapnya. 


(Mendengarkan lagu dapat mengasah kemampuan bahasa anak. Dok. Rumah Main Cikal)


Orang tua dapat memberikan kesempatan bagi anak memilih lagu untuk didengarkan. Bagi Lala, dengan anak-anak mengungkapkan lagu apa yang Ia suka, anak-anak akan lebih menikmati musik dan lagunya, lebih percaya diri dan pastinya akan lebih ekspresif.


  1. Melekatkan Hubungan Anak dengan Orang Tua


Manfaat ketiga yang ternyata dapat didapatkan oleh anak-anak adalah kedekatan dengan orang tua. Orang tua boleh jadi sering lupa bahwa waktu bersama anak dapat mengasah kepercayaan dirinya, dan meningkatkan kelekatannya dengan orang tua. 


“Anak-anak dan Mama Papa dapat melakukan kegiatan seru bersama sambil mendengarkan lagu misalnya dengan lagu Row-Row Your Boat. Dengan menyanyikan lagu ini bersama-sama dari tempo yang lambat ke cepat, sambil bermain naik perahu yang dapat dibuat dari selimut (anak-anak duduk di atas selimut, Mama dan Papa dapat menarik ujung selimut mengelilingi ruangan. Awalnya lambat lalu semakin cepat mengikuti tempo lagu yang dinyanyikan) bisa jadi salah satu kegiatan yang dilakukan di rumah untuk membangun kedekatan anak dan orang tua.” tutupnya. (*)





About Rumah Main Cikal  


Rumah Main Cikal has been designed and dedicated to equipping children through their early years (6 Months - 48 months old). We always strive to provide the best life-learning journey beyond schooling based on our vision 5 Stars Competencies. We also foster every child's curiosity to discover, learn, and explore its surroundings happily. Our dedicated teachers will unfold each child's uniqueness and potential through daily interaction and play-based programs.

I'M INTERESTED