10 Murid Sekolah Cikal Serpong Berlatih Pecahkan Masalah Dunia di Jakarta Model United Nations

Sekolah Cikal Serpong Aktif Ikuti Kegiatan Model United Nations

Durasi Waktu Baca : 2 Menit



Serpong, Sekolah Cikal Serpong.Di tengah banyaknya isu dan masalah dunia yang dihadapi masyarakat dunia, 10 murid Sekolah Cikal Serpong bersemangat untuk mengasah kemampuannya untuk dapat menjadi bagian dari warga dunia yang berdaya di masa depan dengan mengasah kompetensi diri di Jakarta Model United Nations 2023.


Sepuluh murid Sekolah Cikal Serpong yang ikut serta dalam Jakarta Model United Nations antara lain Shareefa Annakiya Wienesa, Anaya Uliratu Anargya, Matahari Sabiya Macallo, Mashequila Amabel Nugroho, Aliyah Kaisaura, Abigail Maryam Luz de Luna Siswo, Malicca Titan Pranisya, Raditya Putra Naladiktha, Ryann Reswara Wicaksono, dan Anandita Kinar Utami. 


(Sepuluh murid Sekolah Cikal Serpong ikut serta dalam JMUN 2023. Dok. Cikal)



Baca Juga : Membanggakan! 9 Murid Sekolah Cikal Terpilih Jadi Bagian Spouse Program KTT ASEAN 2023




Model United Nations, Dorong Kemampuan Berpikir Kritis Murid Meningkat


Audina Yuniar Rahmasari atau yang akrab disapa Audina, pendidik SMA Cikal Serpong dan juga mentor pengembangan diri murid Cikal Serpong khususnya Model United Nations menyebutkan bahwa keikutsertaan para murid secara berkala di kegiatan Model United Nations didedikasikan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis murid dalam pemecahan isu global. 

(Keikutsertaan Cikal di kegiatan Model United Nations dorong pengembangan pemikiran kritis anak. Dok. Cikal)

“Kegiatan MUN secara umum sangatlah baik untuk mengasah public speaking, critical thinking, dan research skill para murid karena mereka akan ditantang untuk berdiskusi bersama mencari jalan tengah tentang suatu isu global tertentu. Khususnya jika kita melihat dari kaca Social Studies, ilmu-ilmu yang selama ini kita diskusikan di kelas akan secara langsung dapat diaplikasikan anak-anak dalam kegiatan ini.” ungkapnya.

Baca juga : Murid-Murid Sekolah Cikal Serpong Raih 37 Medali di World Scholars Cup Global Round Thailand 2023




Murid Sekolah Cikal Serpong Berlatih Pecahkan Isu Dunia Sejak Dini  

Audina menambahkan bahwa keikutsertaan para murid di kegiatan Model United Nations seperti Jakarta Model United Nations menjadi salah satu cerminan dari penerapan dan pengembangan dari cita-cita Cikal yakni Kompetensi 5 Bintang Cikal secara utuh.

“Kegiatan MUN sangat merefleksikan Kompetensi 5 Bintang Cikal secara menyeluruh karena para murid belajar berdiplomasi agar dapat memecahkan isu-isu global yang ada (di masa kini) dan tentunya keikutsertaan mereka adalah salah satu perwujudan nyata dari Empowering member of just, sustainable and peaceful global society di mana para murid bersemangat dalam menganalisis posisi suatu negara terhadap isu tertentu.” tambahnya. 

Baca juga : Culminating Project Exhibition 2023, Pameran Karya di Sekolah Cikal yang Berikan Jalan Murid Temukan Minatnya dan Dukung Pengembangan Dirinya




Networking, Pengalaman Terbaik Murid Cikal Serpong di MUN

Keikutsertaan para murid Sekolah Cikal Serpong di berbagai kegiatan Model United Nations bukan hanya menambah kemampuan diri para murid sebagai individu. Kegiatan MUN juga mengoptimalkan jaringan komunikasi atau networking yang akan diraih oleh para murid, mengingat dalam kegiatan MUN biasanya tak hanya dari satu sekolah saja, melainkan banyak sekolah. Lalu, tak hanya satu wilayah atau negara saja, melainkan banyak negara. 

(Memperluas jaringan adalah salah satu pengalaman yang diikuti oleh murid Sekolah Cikal Serpong. Dok. Cikal)

“Kami sebagai pendidik sangat bangga sekali dengan semua pencapaian yang mereka dapatkan. Setiap anak sangat antusias dalam mempersiapkan keikutsertaannya dan juga mereka menunjukkan performa yang maksimal saat conference day nya. Di dalam kegiatan ini, bukan awards yang dicari oleh mereka, melainkan lebih kepada networking, kemampuan baru dan juga pengalaman yang sangat berharga.” imbuh Audina(*)

Baca juga : Pecahkan Rekor! Murid-Murid Sekolah Cikal Raih 219 Medali di World Scholars Cup Global Round Thailand 2023




Informasi Cikal Support Center 

Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut :+62 811-1051-1178




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : Audina Yuniar Rahmasari, Pendidik Cikal Serpong dan Mentor MUN Sekolah Cikal Serpong

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana



I'M INTERESTED