Personal Project Exhibition 2022 Ujian Akhir Berbasis Proyek dan Pameran Karya di SMA Cikal dan Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi yang Tumbuhkan Empati!

Jakarta, Sekolah Cikal. Menggerakkan pola pembelajaran yang menerapkan pendekatan personalisasi dengan memberikan ruang bagi murid mengembangkan minat dan bakatnya secara utuh untuk melangkah di masa depan dan berkontribusi bagi sesama dengan percaya diri. 


Sebagai sekolah pioneer berbasis kompetensi di Indonesia, Sekolah Cikal telah menerapkan ujian akhir berbasis proyek di setiap jenjangnya. Di tahun ini, salah satu bentuk ujian berbasis proyek Cikal, yakni Personal Project Exhibition yang diperuntukkan bagi murid-murid di kelas 10 SMAkembali hadir di berbagai lokasi Sekolah Cikal, antara lain, Sekolah Cikal Amri Setu, Sekolah Cikal Lebak Bulus, dan Sekolah Cikal Surabaya pada Maret hingga April 2022 secara daring dan luring. 


Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi, Murid Sekolah Cikal Memilih Bidang dan Topik Sendiri


Di tahun ini Personal Project Exhibition SMA Cikal masih dilangsungkan secara daring dan lebih dari 100 proyek dari kelas 10 di berbagai lokasi Sekolah Cikal dihadirkan dengan membahas bidang-bidang pilihan setiap murid, antara lain lingkungan, sosial, psikologi, sains, ekonomi, seni budaya, teknologi, dan sebagainya.


Dengan mengangkat tema-tema yang bermakna, seperti The Power of Optimism, Live Your Passion Inspire the world, dan Rising Beyond the Pandemic Crisis, pelaksanaan asesmen yang berupa pameran karya dan melakukan presentasi proyek secara langsung dengan disaksikan oleh banyak pihak oleh para murid. 


(Tactile Book (Sebuah prototype Inclusive DesignEmbracing Accessibility for Users with Vision Impairment yang ditujukan bagi para disabilitas untuk mendukung Indonesia Inklusi Karya Dyandra Aulia Daanisy (atas) dan Walk From Fear (Sebuah proyek kesehatan mental yang melibatkan para murid dan psikolog profesional. Dok. Sekolah Cikal)


Sebagai Kepala Sekolah dari Sekolah Cikal Amri Setu, Siti Fatimah menekankan bahwa dalam proses pembelajaran di Cikal yang berbasis kompetensi dan dengan pendekatan personalisasi, esensi pembelajaran diferensiasi hadir di dalam pola pemilihan murid atas bidang ilmu, hingga topik. 


Personal Project Exhibition Sekolah Cikal adalah bagian dari asesmen IB Middle Years Program. Pembelajaran di Sekolah Cikal mempersiapkan diri setiap anak untuk berkontribusi pada sesama dan lingkungannya. Setiap tahunnya Personal Project Exhibition mendorong setiap anak mengeksplorasi setiap area yang diminati, hingga membentuk ukuran  keberhasilan karyanya sendiri.” ucap Siti sebagai perwakilan kepala Sekolah. 


Baca juga : Asah Kepekaan Murid Melakukan Aksi Kecil Berdampak Besar, Sekolah Cikal Amri Setu Gelar CAS Exhibition


Tumbuhkan Empati Sebagai Warga Dunia yang Berdaya Kini dan Masa Depan


Sebagai Psikolog Anak dan Remaja dan juga Head of School Cikal, Tari Sandjojo M.Psi, Psikolog menyatakan bahwa dengan menghadirkan asesmen belajar berbentuk pameran karya menumbuhkan dan semakin menguatkan empati dalam diri setiap anak sebagai warga dunia yang berdaya di masa depan nanti. 


Personal Project Exhibition sejatinya bukan hanya ruang menampilkan apa yang telah setiap murid capai, melainkan menunjukkan karakter setiap murid sebagai seorang pelajar merdeka yang akan siap berkolaborasi dan berkontribusi di dunia sebagai warga dunia yang berdaya. Pelajar merdea di sini juga bukan hanya menggali pengetahuan, melainkan juga menumbuhkan empati dalam diri.” ucap Tari. 


(cuplikan tema-tema yang diangkat dalam Personal Project di Sekolah Cikal Lebak Bulus. Dok. Sekolah Cikal)


Ia juga menambahkan bahwa rasa empati yang tumbuh dengan menciptakan karya atau menggerakkan proyek bermakna dari berbagai bidang disiplin ilmu menampilkan juga keutuhan setiap murid bertumbuh dalam proses belajarnya. 


“Mungkin ada yang berpendapat bahwa pandemi akan memengaruhi rasa ingin bertumbuh dan menemukan kekuatan serta minat anak, namun nyatanya, dengan adanya pameran personal project exhibition setiap murid menunjukkan bahwa rasa peduli dan ingin berkontribusi hadir dari setiap dari diri mereka. Pameran karya benar-benar dapat menjadi media yang tepat untuk mengembangkan natural sense untuk setiap anak menemukan kekuatan, minat, dan bakatnya.” jelasnya. 


Sebagai sekolah berbasis kompetensi, Sekolah Cikal merayakan pencapaian perjalanan pendidikan setiap murid dengan unik dan secara personal sesuai minat dan bakatnya untuk meraih kesuksesan, dan keberhasilan yang tak sebatas nilai akademis. (*)


Baca juga : Tahun ke-6 Gelar Pameran Seni Rupa Internasional Sebagai Bentuk Asesmen Program Visual Arts Kelas 12. Inilah Karya-Karya Berkelas Murid Sekolah Cikal Amri Setu!




SAKSIKAN PERSONAL PROJECT EXHIBITION YEAR 10 SEKOLAH CIKAL SECARA DARING MELALUI:



SAKSIKAN PULA RANGKAIAN PERSONAL PROJECT EXHIBITION TALK SETIAP MURID DARI SEKOLAH CIKAL LEBAK BULUS, AMRI SETU, DAN SURABAYA MELALUI :


KANAL YOUTUBE SEKOLAH CIKAL OFFICIAL 




Untuk ketahui lebih lanjut mengenai pendekatan dan cara pengembangan serta pendampingan minat bakat murid di Sekolah Cikal hubungi bit.ly/bukutamucikal 




Artikel ini ditulis dan diproduksi oleh Tim Konten dan Publikasi Cikal 

  • Editor : Layla Ali Umar dan Stephani Tara Hestiningtyas

  • Penulis : Salsabila Fitriana

Copyright, 2022.

I'M INTERESTED