Sekolah Cikal Sukses Jalankan Virtual Graduation Bagi Kelas 12

Jakarta, Sekolah Cikal. Setelah melakukan pemberian sertifikat kelulusan secara Drive Thru sebagai ajang lepas rindu bagi murid. Kali ini, untuk pertama kalinya sejak 20 tahun berdiri, Sekolah Cikal jalankan seremoni kelulusan kelas 12 secara virtual pada 19 Juni 2020. 


Momen Haru Penuh Kebanggaan 

Sebagai Head of School Sekolah Cikal, Najelaa Shihab menyampaikan bahwa selama dua puluh tahun Cikal berdiri momen virtual graduation ini adalah momen penuh haru sekaligus penuh rasa bangga dan bahagia.


“Ini adalah momen yang penuh rasa haru, rasa bangga dan juga bahagia. Melalui momen ini, Saya katakan bahwa Cikal telah belajar banyak dari murid, dan saya tahu bahwa murid-murid Cikal sudah siap menghadapi tantangan apapun yang akan terjadi di masa depan.” tutur Najelaa Shihab selaku pendiri Cikal pada saat seremoni kelulusan kelas 12 Sekolah Cikal (19/06)


Rasa haru semakin menyeruak saat salah seorang perwakilan orang tua, Ligwina Hananto menyatakan terima kasih dan apresiasinya mewakili seluruh orang tua murid kelas 12 kepada murid-murid dan kepada Sekolah Cikal.


“Terima kasih Cikal telah memberikan pengalaman belajar yang luar biasa kepada anak-anak kami. Saya dan banyak orang tua akan merindukan segala momen di Cikal. Bagi murid-murid, percayalah, momen ini adalah momen yang tak akan terlupakan. Kalian akan dikenang sebagai Corona Batch. Di Cikal tanpa kalian sadari, kalian telah belajar bagaimana untuk belajar, kemampuan public speaking, dan analytical thinking. Kalian telah diberikan fondasi terbaik di Cikal.” jelasnya.


Kolaborasi Orang Tua, Refleksi Cinta Keluarga


Hal yang menjadi keunikan tersendiri dari kegiatan pelaksanaan Virtual Graduation Cikal adalah terdapatnya berbagai video dukungan yang dibuat penuh dengan kehangatan dari berbagai pihak untuk menyemangati lulusan tahun 2020. Video tersebut antara lain datang dari orang tua, adik-adik kelas, alumnus, bahkan para pesohor tanah air, seperti Najwa Shihab, dan Riri Riza, Dee Lestari dan Indy Barends.

Video apresiasi yang diberikan oleh orang tua untuk masing-masing murid memberikan refleksi kasih sayang dan rasa cinta terhadap keluarga seperti tujuan dari Cikal itu sendiri. Video kompilasi ini juga mewakili kolaborasi yang terbangun erat antar keluarga di Cikal.
“Terima kasih kepada orang tua atas kolaborasi dan persahabatannya sebagai orang tua para remaja. Momen ini adalah momen paling berat untuk melepaskan anak kita memasuki masa dewasa awal.” jelas Ligwina Hananto, orang tua dari Muhammad Azra.

Kemampuan untuk Terus Belajar dan Beradaptasi itu penting 


Berkaca pada pengalaman belajar di Sekolah Cikal, Nishrin Assegaf sebagai perwakilan murid kelas 12 yang lulus di tahun 2020, dalam pidatonya menyampaikan bahwa kondisi pandemi saat ini bukanlah sebuah halangan bagi murid Cikal untuk bersiap menghadapi masa depan dengan segala kompetensi yang telah dimiliki selama belajar di Cikal.


“Sekolah Cikal telah menjadi ruang terbaik bagiku untuk belajar bagaimana untuk belajar menjadi reflective, self-regulated, and principled. Melalui Cikal 5 Stars Competencies, Aku dan teman-teman telah membuktikan bahwa kita setiap harinya belajar menguatkan kemampuan dan kompetensi yang kita miliki melalui banyak hal, misalnya menulis refleksi setiap waktu, membuat essay dengan sistem Problem Based-Learning, dan mengembangkan kemampuan bernegosiasi.” ucapnya.


Ia juga menambahkan bahwa pada akhirnya selama bersekolah, Ia menyadari bahwa penting bagi dirinya sebagai pemuda untuk belajar dari setiap pengalaman.


“Di dunia yang terus berubah, kemampuan untuk terus belajar dan menjadi pembelajar sepanjang hayat itu penting bagi kita. Kita harus terus belajar untuk beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi di dunia. Dengan banyaknya perubahan, dan ketidakpastian, aku berharap kita akan terus bersiap dan terus maju menghadapi segala tantangan untuk berkontribusi di masyarakat. Terima kasih untuk guru-guru kami yang telah sabar dan terus mendukung pengembangan kompetensi kami.” tutupnya. (sfa)


ENROLL NOW