5 Keunggulan Sekolah Cikal Amri Setu, Sekolah Swasta Nasional Akreditasi A yang Terotorisasi IBDP di Jakarta Timur

5 Keunggulan Sekolah Cikal Amri Setu, Sekolah Swasta Nasional Akreditasi A yang Terotorisasi IBDP di Jakarta Timur

Durasi Waktu Baca : 5 Menit



Jakarta, Sekolah Cikal Amri Setu. Dikenal sebagai sekolah berbasis kompetensi yang menerapkan pendekatan personalisasi, serta sekolah inklusi yang mengakomodasi anak-anak berkebutuhan khusus di beberapa kota, Sekolah Cikal juga memiliki kampus yang berlokasi di Jakarta Timur dan memiliki jenjang SD-SMA bernama Sekolah Cikal Amri Setu.


Sekolah Cikal Amri Setu ini dikenal sebagai salah satu sekolah swasta nasional favorit di Jakarta Timur karena berbagai keunggulannya, termasuk alumninya yang telah banyak mengembangkan aktivitas pemberdayaan masyarakat serta berprestasi di dalam dan luar negeri. 


Apa saja sebenarnya keunggulan dari Sekolah Cikal Amri Setu yang dikenal sebagai sekolah swasta nasional akreditasi A di Jakarta Timur? Simak 5 Keunggulannya berikut ini!


  1. Menerapkan Kurikulum Kompetensi 5 Bintang Cikal

Menurut Najelaa Shihab, Pendiri Cikal, Kompetensi 5 Bintang Cikal atau Cikal 5 Stars Competencies merupakan kurikulum yang dibuat untuk memfasilitasi, mengakomodasi, dan mengoptimalisasi pengembangan diri setiap murid secara utuh sebagai manusia.

“Kompetensi 5 Bintang Cikal merupakan seperangkat kurikulum juga yang telah didefinisikan untuk mendampingi pengembangan diri murid mencakup keahlian, pengalaman, dan persiapan karir di seluruh lini pendidikan di Cikal. Kompetensi 5 Bintang Cikal (Cikal 5 Stars Competencies) juga merupakan capaian profil pembelajaran dalam kontinum jangka panjang.” ucap Najelaa Shihab.  

Baca juga : Kenali dan Pahami Kompetensi 5 Bintang Cikal (5 Stars Competencies) : Cita-Cita, Tujuan, dan Visi dari Cikal!






  1. Pembelajaran di Sekolah Cikal Amri Setu Jakarta Timur dilakukan dengan Pendekatan Personalisasi

Di Sekolah Cikal Amri Setu, penerapan pendekatan personalisasi yang menjadi keunikan Cikal diterapkan sejak jenjang SD-SMA, baik itu dari pemilihan program dalam Personalised Curriculum Circle di mana murid dapat memilih program yang sesuai dengan minat dan bakatnya, cara belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan murid, personalisasi di seragam batik Cikal, hingga gaya rambut murid. 

Wakil Kepala Sekolah Cikal Amri Setu, Anggi Puspita Swardhani atau yang hangat disapa Anggi menjelaskan bahwa semua program yang dihadirkan di Sekolah Cikal, khususnya di Sekolah Cikal Amri Setu akan selalu disesuaikan dengan kebutuhan para murid dari jenjang SD-SMA. 

“Setiap program yang ditawarkan di Cikal menjadi pilihan anak-anak sesuai dengan kebutuhan anak-anak, sehingga setiap program adalah favorit untuk anak-anak tergantung dari minat dan kebutuhan anak.” ucap Anggi.


Dalam proses pemilihan program di Sekolah Cikal Amri Setu, Anggi juga menyebutkan bahwa orang tua dan anak setiap periode pemilihan program diberikan waktu untuk mereka diskusi bersama untuk menentukan program apa yang akan dipilih. Di sini, anak memiliki hak untuk memilih apa yang menjadi minat dan bakatnya. 


“Orang tua dan murid setiap periode pemilihan program diberikan waktu untuk mereka diskusi bersama untuk menentukan program pilihan apa yang akan diambil selain program-program wajib (compulsory). Saat proses program selection (sesi pemilihan program di Sekolah Cikal) orang tua dan anak antusias mencari tahu karakteristik untuk setiap program dengan mendatangi program expo, atau bertanya kepada homeroom dan program leader. “ jelasnya.


Baca juga :  Mengenal Ikra Wiratama Hendra, Alumnus Sekolah Cikal Berprestasi yang Nikmati Studi Biologi di Belanda!






  1. Membentuk Murid Memiliki Perspektif Global dengan Nilai-nilai Indonesia

Dikenal sebagai sekolah swasta unggul yang kerap kali mengikuti rangkaian kompetisi internasional mewakili Indonesia, murid-murid di Sekolah Cikal Amri Setu Jakarta Timur ternyata selalu ditanamkan dan ditumbuhkan karakter berpikiran terbuka (open-minded) sebagai salah satu dimensi kompetensi di Kompetensi 5 Bintang Cikal sebagai kurikulum utama Cikal. 

Anggi Puspita menyebutkan bahwa penanaman karakter berpikiran terbuka dan memiliki perspektif global ditanamkan dengan cara menghubungkan masalah global ke dalam pembelajaran di setiap program Cikal. 

“Untuk menanamkan perspektif global kepada murid, sekolah melakukan berbagai cara, salah satu pendekatan yang dilakukan adalah dengan cara embedding global issue ke dalam pembelajaran. Guru sebagai motivator, sumber informasi dan juga fasilitator dalam setiap diskusi sehingga murid dapat meningkatkan kemampuan analisis dalam lingkup yang lebih luas dengan melihat berbagai sisi.” ujarnya. 


Di Sekolah Cikal Amri Setu Jakarta Timur, penerapan International mindedness dipadu dengan baik dengan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal Indonesia, sehingga para murid tetap tumbuh menjadi generasi yang unggul untuk hadapi masa depan.


International mindedness merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran sehingga pada setiap topik atau materi, disematkan issue-issue global untuk dibahas. Dalam hal penanaman nilai Indonesia, Sekolah Cikal tetap mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal. Sehingga walaupun murid paham dan menganalisis isu global, murid tetap memegang teguh pada kearifan lokal. Dalam hal ini, kami selalu memberikan kesempatan murid-murid untuk berpartisipasi dalam kegiatan kompetisi dari tingkat regional hingga internasional dalam bidang literasi misalnya debat, World Scholar Cup, Model of United Nation dan lainnya.” tambahnya. 


Baca juga : Dua Murid SMP Cikal Amri Setu Raih 13 Medali di Tournament of Champions, World Scholar’s Cup Yale University, USA. 






  1. Sekolah Cikal Amri Setu Miliki Program Agama Komprehensif

Dikenal sebagai sekolah yang mengenalkan keberagaman agama sejak dini, Sekolah Cikal menghadirkan pilihan program agama yang komprehensif, baik itu Agama Islam, Hindu, Buddha, Kristen, Kristen Katolik. 

“Kami tidak mengkategorikan Cikal sebagai sekolah agama karena kami ingin kehidupan di Cikal, baik proses belajar mengajarnya, serta interaksi yang dibangun di dalamnya semirip mungkin dengan kehidupan nyata. Di kehidupan nyata, kita semua hidup bersama, meskipun berbeda agama, pendapat, atau berbeda kepercayaan. Di Cikal,  anak-anak sejak dini telah belajar hidup dalam keberagaman itu.” ungkap Pendiri Cikal, Najelaa Shihab. 

Di Sekolah Cikal Amri Setu, pembelajaran agama diterapkan secara komprehensif maka pembelajaran agama di Sekolah Cikal Amri Setu tidak hanya berdasarkan teori saja melainkan berupaya dibangun dengan adanya pembiasaan dan pendekatan yang menumbuhkan esensi agama dan ibadah itu melekat secara utuh.

“Proses pembelajaran agama di Sekolah Cikal Amri Setu dilakukan melalui pendekatan, strategi dan metode pembelajaran sesuai dengan nilai dan cara cikal, pembiasaan ibadah dan akhlak dilakukan melalui pendekatan positif dan pemberian contoh dari lingkungan yg positif. Sebagai contoh, pembelajaran Agama Islam di Sekolah Cikal Amri Setu kami hadirkan materi Aqidah Akhlak, Ushul Fiqh, Ulumul Qur'an dan Hadits, serta Islam and Civilization. Keempat program tersebut adalah cara Cikal membangun secara utuh pemahaman agama Islam.” jelas Anggi Puspita Swardhani. 

Baca juga : Kalahkan Ribuan Peserta, Tanisha Salwa, Murid SMA Cikal Amri Setu, Raih Medali Emas Olimpiade Bahasa Inggris Nasional!






  1. Sekolah Swasta Berakreditasi A dan Terotorisasasi IBDP

Sekolah Cikal Amri Setu merupakan sekolah swasta nasional akreditasi A yang telah resmi terotorisasi oleh International Baccalaureate Diploma Programme (IBDP) sejak tahun 2015. Anggi Puspita menyampaikan, IBDP di Sekolah Cikal Amri Setu Jakarta Timur dapat dipilih oleh murid-murid kelas 11 dan kelas 12. 


“Sekolah Cikal Amri terotorisasi IBDP sejak tahun 2015 dan sudah melewati masa evaluasi 5 tahunan di 2020. IBDP adalah program untuk kelas 11 dan 12. Setiap program yang ditawarkan di Cikal menjadi pilihan anak-anak sesuai dengan kebutuhan anak-anak, sehingga setiap program adalah favorit untuk anak-anak tergantung dari minat dan kebutuhan anak.” imbuhnya. (*)


Baca juga : Cerita Renata, Atlet Renang Berprestasi dari SMA Cikal Amri Setu, Sukai Renang Sejak Usia 3 Tahun!





Informasi Customer Service Cikal 


Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut : https://bit.ly/cikalcs (tim Customer Service Cikal)




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : Anggi Puspita Swardhani, Wakil Kepala Sekolah Cikal Amri Setu, Jakarta Timur

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana

I'M INTERESTED