Cikal Tanya-Tanya: Pembelajaran Agama Katolik Tingkat SMP dan SMA Sekolah Cikal


Pembelajaran program Agama di Sekolah Cikal menjadi bagian yang esensial dalam proses pengembangan diri murid sejak dini hingga di tingkat menengah ke atas. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembelajaran Agama Katolik di tingkat SMP dan SMA, simak tanya jawab dengan Bapak Wilhelmus Soka Mono Nggona (Pendidik Program Agama Katolik, Sekolah Cikal) berikut yuk!



  • Berapa kali dan dengan durasi berapa lama proses belajar Agama katolik dalam satu minggu?

Di masa pembelajaran jarak jauh dan hybrid seperti sekarang ini, setiap year level mendapatkan kesempatan seminggu sekali. 


  • Pembelajaran Agama Katolik untuk Tingkat SMP dan SMA Cikal Ditekankan Pada Apa Ya?


Dalam praktik keseharian, pembelajaran Agama Katolik untuk tingkat SMP dan SMA di Sekolah Cikal ditekankan pada pemahaman konsep, sebagai bagian dari cara Cikal, mencakup ajaran/dogma gereja, Kitab Suci, refleksi dan aktualisasi iman dalam kehidupan sehari-hari.  


  • Bagaimana proses asesmen program belajar Agama Katolik di tingkat SMP dan SMA di Sekolah Cikal? 


Proses asesmen yang berlangsung dalam program Agama Katolik adalah project based dan refleksi di setiap project atau tugas yang dibuat oleh para murid


  • Capaian apa yang diharapkan dapat diperoleh murid di tingkat SMP dan SMA?


Pencapaian yang diharapkan dapat diperoleh murid ialah mampu berinteraksi (berkomunikasi), memahami, menggumuli dan menghayati iman. Dengan kemampuan berinteraksi antara pemahaman iman, pergumulan iman dan penghayatan iman itu diharapkan iman para murid semakin dipertegas dalam kehidupan sehari-hari. 


  • Pembahasan apa saja yang dieksplorasi dalam program Agama Katolik di Sekolah Cikal tingkat SMP dan SMA? 


Topik-topik yang dapat dieksplorasi melalui pembelajaran Agama Katolik sangat beragam dan kita dapat mengaktualisasikan atau menghubungkan ajaran-ajaran Agama maupun Kitab Suci dengan isu-isu yang berkembang saat ini, misalnya modernisasi, kesetaraan gender, lingkungan hidup maupun persoalan moral dan etika serta perkembangan IPTEK. 


  • Sejak kapan murid-murid diajarkan untuk membaca dan memahami isi dari Kitab Suci? Dan apakah rutin diajarkan? 


Kitab Suci dapat diajarkan dan dipahami sejak masa kanak-kanak dengan pendekatan yang mengedepankan personalisasi anak. Membaca dan memahami Kitab Suci diperlukan suatu pembiasaan sehingga menjadi kebiasaan. Semakin sering murid-murid membaca maka dengan sendirinya akan tercipta suatu kebutuhan untuk selalu membaca dan merenungkan Kitab Suci.


  • Nilai-nilai apa sajakah yang ditanamkan dalam program pembelajaran dan apakah terdapat kegiatan yang berorientasi kontekstual dan penerapannya dalam keseharian? 


Tentunya pelajaran agama terutama Agama Katolik, ajarannya  tidak terlepas dari nilai-nilai universal yang ada seperti cinta kasih, jujur, bertanggung jawab, peduli, santun, mencintai kehidupan dan perdamaian dan menghargai satu sama lain. 


  • Media pembelajaran apakah yang digunakan dalam proses belajar Agama Katolik?

 

Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Agama Katolik menggunakan banyak media yaitu yang paling utama adalah Kitab Suci,KHK (Kitab Hukum Kanonik), KGK (Katekismus Gereja Katolik), Ensiklik-Ensiklik Gereja Katolik dan memaksimalkan sumber-sumber dari internet baik itu artikel ataupun video pembelajaran seperti youtube,video dokumenter tentang gereja (sejarah gereja dll.) yang menarik bagi anak-anak. 





Apakah rasa ingin tahu seputar pembelajaran Agama Katolik di tingkat SMP dan SMA Sekolah Cikal sudah terpenuhi? Jika belum dan ingin mengetahui lebih lanjut silakan mengisi buku tamu Cikal di sini atau hubungi tim kami di bawah ini 


Sekolah Cikal Cilandak : +62 818-902-570 (Whatsapp)

Sekolah Cikal Surabaya

  • TK- SD (+62 815-1550-1010)

  • SMP-SMA-PIC (+62 815-7595-7599)

Sekolah Cikal Amri-Setu : +62 811-1156-599 (Whatsapp)

Sekolah Cikal Serpong  +62-8138-6372-559 (WhatsApp & Phone)

Sekolah Cikal Lebak Bulus +62 818-902-571 (WhatsApp)


I'M INTERESTED