Dua Kegiatan Sederhana Asah Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus. Patut Dicoba!

Bandung, Pendidikan Inklusi Cikal. Tantangan pembelajaran daring bagi anak berkebutuhan khusus di masa pandemi ini menjadi tantangan bagi orang tua juga, khususnya dalam mengasah kemandiriannya dan kepercayaan dirinya selama di rumah. 


Sebagai guru dari Pendidikan Inklusi Cikal, Cicilia Dewi Puspita Sari atau dikenal dengan Cicilia, memberikan dua kegiatan seru yang dapat membangun kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus yakni Share and Tell dan Field Trip.


Pertama, kegiatan Share and Tell


Kegiatan Share and Tell ini merupakan salah satu kegiatan paling sederhana yang bisa dilakukan di Pendidikan Inklusi Cikal.  Kegiatan ini secara bertahap membuat murid lebih percaya diri dalam berpresentasi atau membuat suatu hasil karya.  


Share and Tell memberikan motivasi pada murid untuk bercerita dan membagikan kegemarannya akan suatu hal di depan kelas saat sekolah daring melalui Zoom atau saat pertemuan tatap muka terbatas melalui slide presentasi atau video dengan tema yang telah disepakati di kelas.“ tutur Cicilia. 


Kedua, field trip berbelanja di minimarket.


Kegiatan field trip dilakukan oleh Pendidikan Inklusi Cikal dilakukan sebagai salah satu cara juga untuk melatih kepercayaan diri dan kepercayaan murid.


“Orang tua dapat berbelanja secara mandiri menjadi salah satu aktivitas field trip sederhana yang dapat melatih kepercayaan diri dan kemandirian murid. Murid dapat berlatih menghitung anggaran pembelian secara mandiri.” ucap Cicilia. 


Menghadirkan lingkungan inklusif bagi setiap anak menjadi tujuan dari Cikal untuk mempersiapkan masa depan anak-anak berkebutuhan khusus. Dengan program-program yang dihadirkan oleh Pendidikan Inklusi Cikal melalui akomodasi belajar, dan modifikasi kurikulum, dalam beberapa program antara lain Early Intervention, Academic, Functional, Personal Development, Vocational, Therapy, Enrichment, Family Program, (*) 


About Pendidikan Inklusi Cikal 


Every child is unique, including children with special needs. As an inclusive school, Cikal provides various programs to support children with special needs. These programs aim to support the achievement of learning goals and self-development and develop their life skills as part of the community. 


Pendidikan Inklusi Cikal programs and membership type:


  • Full time: Academic SSC, SSC Functional, SSC Personal Development, SSC Vocational, Therapy, Enrichment, Academic Enrichment, Family Program


  • Part-time: Early Intervention, Personal Development, Enrichment, Therapy, Family Program

I'M INTERESTED