3 Murid SD Cikal Serpong Sukses Asah Resiliensi Diri di Kompetisi Spelling Bee Tingkat Kota dan Nasional!

3 Murid SD Cikal Serpong Sukses Asah Resiliensi Diri di Kompetisi Spelling Bee Tingkat Kota dan Nasional!

Durasi Waktu Baca : 3 Menit



Tangerang Selatan, Sekolah Cikal Serpong. Tiga murid SD Cikal Serpong, antara lain, Syauqina Ismaela Nisri (kelas 4), Aksara Safiyya Yudhanegara (kelas 4), Arragon Mckenzou Huang (kelas 6) berhasil meraih prestasi kompetisi mengeja kata atau Spelling Bee tingkat kota pada Oktober 2023 dan membuktikan kemampuan resiliensinya hingga di tingkat Nasional. 


Syauqina, Aksara, dan Arragon, sapaan hangat mereka bertiga, mengabadikan capaian pengembangan diri dan komitmen mereka dalam menghadapi tantangan  dengan meraih 3 penghargaan di kompetisi Spelling Bee tingkat Kota. Di tingkat kota, Syauqina Ismaela Nisri, berhasil meraih  juara 3, Aksara Safiyya Yudhanegara, dan Arragon Mckenzou Huang  meraih juara 2. 


(Tiga murid SD Cikal Serpong, antara lain, Syauqina Ismaela Nisri (kelas 4), Aksara Safiyya Yudhanegara (kelas 4), Arragon Mckenzou Huang (kelas 6) berhasil meraih prestasi kompetisi mengeja kata atau Spelling Bee tingkat kota hingga di tingkat Nasional. Dok. Cikal)



Ketiga murid tersebut juga melanjutkan perjalanan mereka untuk kompetisi mengeja kata di tingkat Nasional. Meski belum meraih juara, ketiganya berhasil membuktikan bahwa semangat dan kegigihan untuk menghadapi tantangan itu merupakan representasi pelajar merdeka!


Baca juga : 10 Murid Sekolah Cikal Serpong Berlatih Pecahkan Masalah Dunia di Jakarta Model United Nations




Kompetisi Spelling Bee, Ruang Bagi Murid Keluar Zona Nyaman


Dian Nurmala Wulansari atau yang akrab disapa Dian, Subject Teacher dan juga mentor pelatihan Spelling Bee di SD Cikal Serpong, mengungkapkan bahwa kompetisi Spelling Bee adalah ruang bagi para murid di SD Cikal Serpong untuk melatih kepercayaan diri dan dorongan untuk mencoba tantangan di luar zona nyaman mereka.


“Di SD Cikal Serpong, pembelajaran di kelas senantiasa berfokus pada kolaborasi. Namun, kami juga percaya bahwa kompetisi diperlukan anak-anak untuk keluar dari zona nyaman. Untuk belajar tentang sportivitas bahwa kalah dan menang adalah bagian dari hidup. apapun hasilnya kami akan tetap merayakannya.” ucapnya. 


Setiap tahunnya, SD Cikal Serpong akan membuka ruang bagi para murid SD untuk mengikuti seleksi kompetisi Spelling Bee. Kunci dari keikutsertaan ini adalah komitmen dan kesiapan diri untuk menghadapi tantangan yang tak terduga.


“Kami membuka seleksi untuk murid kelas 3-6 di sekolah. Dalam hal ini kami percaya anak-anak harus berkomitmen penuh pada keputusannya saat mendaftarkan diri dalam seleksi sebelum menjadi perwakilan sekolah. Ada dua kompetisi yang seleksinya dibuka secara bersamaan.” tambahnya.


Baca juga : Cerita Abigail, Murid SMA Cikal Serpong, Pertama Kali Wawancara Seorang Tokoh Perempuan Inspiratif!




Kemampuan Resiliensi dan Prestasi, Capaian Pengembangan Diri Murid SD Cikal Serpong 


Dalam membangun komitmen untuk menjadi perwakilan sekolah di tingkat Kota dan Nasional, para murid harus dapat mengasah konsistensi dan komitmen mereka dalam rangkaian latihan hingga perlombaan. 


“Setiap minggu anak-anak mengikuti latihan secara konsisten. Seperti kurikulum Cikal, kami percaya pada komitmen anak-anak baik dari sebelum, selama dan setelah proses seleksi hingga kompetisi berlangsung. Delapan perwakilan siswa, mengikuti latihan sepekan 2x setelah pulang sekolah.” jelasnya


Pada bulan kompetisi berlangsung, para murid perwakilan SD Cikal Serpong pun berhasil membuktikan kemampuan resiliensinya dengan meraih capaian prestasi di tingkat kota dan melaju ke tingkat nasional. 


“Saat kompetisi regional seluruh perwakilan Cikal di level B masuk ke dalam final regional. 2 di antaranya berhasil mewakili regional ke kompetisi spelling bee nasional yaitu Qina dan Aksara di kategori C, Arragon mewakili Cikal dan regional untuk melaju ke kompetisi nasional.” tuturnya dengan penuh bangga.


Melanjutkan ke tingkat Nasional, ketiga murid tersebut tetap dapat menampilkan yang terbaik meskipun belum dapat meraih capaian prestasi tertinggi. Bagi Dian, penting untuk tetap merayakan dan mengapresiasi setiap proses anak hingga capaian tingkat nasional, karena itulah pengembangan diri sebenarnya. 


“Bagi Cikal dan bagi kami  (saya, bu Nikki dan bu Neaty) sebagai pendamping guru, bagian paling penting setelah proses panjang yang anak-anak dan kami lalui adalah meyakinkan anak-anak bahwa menang atau kalah bukan hal terpentingnya tapi melakukan yg terbaik dan tidak mudah menyerah atau resilence adalah kunci utamanya.” tutupnya.(*)


Baca juga : Cerita Mika, Atlet Baseball dari SMP Cikal Serpong, Penentu Indonesia Raih Peringkat 3 Kejuaraan Baseball U-12 Asia Pasifik!





Informasi Cikal Support Center 

Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut :+62 811-1051-1178




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber :  Dian Nurmala Wulansari, Subject Teacher dan juga mentor pelatihan Spelling Bee di SD Cikal Serpong di tingkat kota dan Nasional.

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana


I'M INTERESTED