Kolaborasi Musik Murid Kelas 2 Sekolah Cikal dengan Penyanyi Naura secara Daring

Kolaborasi Musik Murid Kelas 2 Sekolah Cikal dengan Penyanyi Naura secara Daring

Jakarta, 27 April 2020. Proses belajar dari rumah bagi anak pra-sekolah dan sekolah dasar selama pandemi membutuhkan konten yang menarik, guna menjaga semangat belajar anak. 

Sebagai sekolah yang menjalankan Online Learning, Sekolah Cikal selalu siap sedia mempersiapkan aktivitas yang tidak hanya seru dan menarik bagi anak-anak, melainkan juga sarat nilai bagi pengembangan potensi dan karakter murid. 

Salah satu aktivitas kreatif yang dikembangkan oleh Cikal selama Home Learning adalah kolaborasi musik bersama penyanyi Naura melalui lagu Kata Ajaib. Kolaborasi ini diperuntukkan bagi murid-murid kelas 2 dalam pembelajaran Seni Budaya Sekolah Cikal di Jakarta, Tangerang, dan Surabaya. 

Kata Ajaib Sarat Makna 

Dalam kondisi proses belajar yang dirumahkan, aktivitas belajar yang diberikan oleh guru tentunya harus mampu membuat murid-murid tetap antusias mengeksplorasi informasi, pengetahuan, dan tetap mengembangkan karakternya. 

(Kolaborasi Pembelajaran Jarak Jauh Seni Budaya kelas 2 Sekolah Cikal : bit.ly/KolaborasiSeniBudayaSekolahCikal)

Melalui program Seni Budaya, Natalia selaku guru Seni Budaya kelas 2 Sekolah Cikal Cilandak menyatakan bahwa inisiasi proyek kolaborasi musik dengan Naura dari rumah, dilatarbelakangi oleh keindahan lagu Naura itu sendiri yakni Kata Ajaib, baik itu lirik, dan aransemen musik, dan makna. 

“Saya dan tim berharap kolaborasi musik ini bisa bermanfaat dan setiap pesan di dalam lagu Naura bisa diterapkan oleh murid yang di rumah aja dengan kondisi saat ini. Saya berharap mereka bisa bergembira bernyanyi mengekspresikan diri mereka melalui seni musik dengan pesan moral yang sangat indah yaitu 4 kata ajaib (permisi, tolong, maaf dan terima kasih).” ujar Natalia yang juga mengajar Seni Peran. 

Pima Aditya juga menerangkan bahwa proyek kolaborasi dengan Naura ini tidak hanya bernilai seni, tapi juga bermakna baik bagi perkembangan karakter anak. 

“Ini proyek yang seru banget dan konsep lagunya juga sarat nilai. Jadi, sebenarnya banyak sekali pembelajaran yang dapat diperoleh dari proyek ini, selain seni, juga nilai karakter dari kata ajaib yg diajarkan.” imbuh Pima Aditya, selaku wakil kepala Sekolah bidang Kurikulum Sekolah Cikal Cilandak.

Kolaborasi Positif antara Guru dan Murid

Dalam pelaksanaannya, kolaborasi musik yang terinspirasi dari musisi tanah air beberapa waktu lalu dikhususkan bagi kelas 2 di tiga lokasi Sekolah Cikal, yakni Sekolah Cikal Cilandak (Jakarta), Sekolah Cikal Serpong (Tangerang), dan Sekolah Cikal Surabaya (Surabaya).

(Kolaborasi Pembelajaran Jarak Jauh Seni Budaya kelas 2 Sekolah Cikal : bit.ly/KolaborasiSeniBudayaSekolahCikal)

Natalia menerangkan bahwa kolaborasi antara guru-guru di tiap lokasi Sekolah Cikal sangat tanggap dan produktif. Terlebih di akhir kolaborasi musik, seniman Naura memberikan tanggapan positif dan menyemangati adik-adik kelas 2 Sekolah Cikal untuk tetap bersemangat belajar meski di rumah saja. 

“Saya bersyukur memiliki rekan-rekan guru yang cepat tanggap dan produktif. Di tengah kondisi yang sukar ini, kami bersyukur masih diberikan kesempatan untuk bisa berkreasi dan membuat sesuatu yang bermanfaat dengan murid-murid tersayang dan juga rekan-rekan guru terkasih. Semoga bisa menyemangati dan mengobati kangen anak-anak dan guru-guru, dan tentunya semoga bermanfaat untuk siapapun yang melihatnya.” tutup Natalia. 

I'M INTERESTED