Tim Delegasi Sekolah Cikal Amri Setu Raih Banyak Medali

Durasi Waktu Baca : 5 Menit, 12  Detik


Jakarta, Sekolah Cikal Amri Setu. Memberikan perspektif bermakna mengenai kompetisi sebagai ruang untuk murid mengasah kekuatan dan keterampilan murid dan bukan sebagai ujian untuk raih banyak penghargaan semata akan memberikan kepercayaan diri lebih besar terhadap diri murid untuk berkolaborasi dengan komunitas global. 


Sebagai sekolah inklusi berbasis kompetensi yang mengintegrasikan International Baccalaureate (IB) di Jakarta Timur, Sekolah Cikal Amri Setu telah berhasil membangun perspektif tersebut dan mendorong murid-muridnya berkolaborasi dengan komunitas global dan meraih banyak penghargaan, baik itu medali emas, perak serta Top Scholar di World Scholars Cup (WSC) (sebuah turnamen akademik pelajar internasional yang ditujukan sebagai bagian dari selebrasi pembelajaran murid)  di tingkat Nasional atau  Regional Round pada 27-28 Agustus 2022. 


(Tim Delegasi Cikal Amri Setu jenjang SMP-SMA di World Scholar’s Cup. Dok. Cikal)

Keikutsertaan Cikal di World Scholar’s Cup, Merayakan Semangat Belajar Murid SMP-SMA Cikal 


Sebagai koordinator dan pendamping tim delegasi World Scholar’s Cup, Devi Natalia mengatakan bahwa keikutsertaan murid-murid Sekolah Cikal Amri Setu yang terdiri atas 7 delegasi murid dari jenjang SMP dan SMA, antara lain Btari Padma Zamzami, Audrey Primadevi Subiakto, Alia Athaya Rulindova, Lubna Adaning yang merupakan tim delegasi SMP Cikal Amri Setu. Lalu, Tanisha Salwa, Akeela Gadis dan Kayla Puan yang merupakan tim delegasi SMA Cikal Amri Setu, sebagai langkah untuk menguatkan motivasi dan komitmen murid-murid SMP-SMA Cikal sebagai Pelajar Sepanjang Hayat yang merefleksikan Kompetensi 5 Bintang Cikal. 


(Tim Delegasi Cikal Amri Setu di World Scholars Cup Regional Round sebelum Global Round di Vietnam dan Tournament of Champions di USA. 



“World Scholar’s Cup merupakan kompetisi internasional yang bagi kami dalam mengikutsertakan anak-anak bertujuan untuk memotivasi mereka belajar menemukan hal - hal baru, menunjukkan kekuatan dan juga keterampilan mereka, serta berkontribusi dan berkolaborasi dengan komunitas global sebagai bagian dari Semangat Pelajar Sepanjang Hayat.” ucap Devi.  


(Fase World Scholar Cup terdiri atas 3 bagian, Regional Round (Tingkat Nasional), Global Round, dan Tournament of Champions di USA. Dok. Cikal)


Ia juga menambahkan bahwa di World Scholar Sendiri menghadirkan beragam disiplin ilmu, sehingga dengan semangat meraih pengalaman dan hal-hal baru, murid-murid Cikal pun turut merayakan proses belajar mereka dan melatih kompetensi mereka. 


“WSC sendiri merupakan ‘celebration of learning’ dibandingkan dengan ‘academic competition’ semata. Di WSC, anak - anak dapat melatih  kemampuan mereka untuk memahami mengenai berbagai topik dari subjek yang ada di WSC sendiri, seperti Special Area, History, Social Studies, Literature & Media, Arts & Music, Science & Technology dengan menghubungkan  dan mengaplikasikannya ke dunia nyata.” tambahnya. 


Baca juga :  Sekolah Cikal Amri Setu Perkaya Portofolio Seni Murid dengan Eksperimen Langsung Fotografi Cetak Tertua Dunia!




Proses Seleksi Delegasi Tim Cikal Amri Setu,  Beri Ruang Murid Eksplorasi Motivasi dan Semangatnya 


Dalam proses seleksi persiapan tim delegasi Cikal Amri Setu, Devi Natalia Susanti menyebutkan bahwa tim guru memberikan ruang terbuka untuk para murid di jenjang SMP dan SMA mengeksplorasi Motivational Letter yang berisi semangat dan motivasi keikutsertaan diri dan semangat yang melatarbelakangi keinginan menjadi tim delegasi Sekolah Cikal Amri Setu.   


“Kami memulai seleksi awal dengan sosialisasi mengenai WSC ke anak-anak. Setelah itu, bagi anak - anak yang tertarik untuk mengikuti WSC mereka akan mengirimkan motivational letter kepada kami.  Selanjutnya, proses seleksi akan dilakukan. Setelah kami telah memilih delegasi, murid-murid yang terpilih akan dikelompokkan sesuai dengan rentang kategori yang sesuai dengan kategori WSC. Setelah itu latihan dimulai dari pengenalan program, macam-macam jenis kompetisi, berikut juga subjek-subjek yang ada di WSC berikut tema besarnya.” jelas Devi. 


(Alur seleksi delegasi Tim Sekolah Cikal Amri Setu Jakarta Timur menuju World Scholar’s Cup sebagai kompetisi Pelajar Internasional. Dok. Cikal)


Terkait kategori, terdapat 3 kategori yang dihadirkan di World Scholar’s Cup, antara lain, Skittles scholars competition biasanya untuk SD kelas 5-6, Junior scholars competition untuk kelas SMP, Senior scholars competition untuk SMA. 



(Tim delegasi Cikal Amri Setu terdiri atas murid-murid SMP dan SMA Cikal Amri Jakarta Timur. Dok. Cikal.)



Baca juga : Program dan Pameran Theory of Knowledge, Cara SMA Cikal Asah Kecakapan Berpikir Murid Sebagai Manusia





Enam Delegasi Dari Cikal Amri, Raih Medali Emas dan Perak Tanpa Henti 


Dalam konteks Jakarta Round, Tim delegasi WSC Cikal Amri Setu di SMP dan SMA mengikuti 3 kompetisi yakni Debate, Collaborative Writing, dan Scholar’s Challenge.  Di fase Jakarta Round, tim Delegasi Cikal Amri Setu berhasil meraih 13 Medali Emas, dan 9 Medali Perak. 


Junior Scholars Cikal Amri Setu 

(Jenjang SMP)

Senior Scholars Cikal Amri Setu

(Jenjang SMA)

  • Lubna Adaning Quiterie Zuhri and 

  • Alia Athaya Rulindova   

  • Btari Padma Zamzami 

  • Audrey Primadevi Subiakto  

  • Akeela Gadis Pamungkas

  • Tanisha Salwa Ghaissani

  • Kayla Puan Maharani


(Tim Delegasi SMP-SMA Cikal Amri Setu di Ajang World Scholar’s Cup 2022. Dok. Cikal)


Terlampir peraihan medali emas dan medali perak yang diraih oleh delegasi murid Cikal Amri Setu: 

(Raihan Prestasi Tim Delegasi Cikal Amri Setu Jenjang SMP-SMA di World Scholar’s Cup. Dok. Cikal)


Sebagai kepala Sekolah SMP-SMA Cikal Amri Setu, Izza Dinilah, M.Ed menyatakan apresiasi tertinggi atas raihan prestasi dan penghargaan yang diperoleh oleh tim delegasi Cikal Amri. 


“Kami bangga sekali murid-murid bisa meraih prestasi yang banyak meskipun persiapannya bisa dikatakan sangat singkat. Mereka menunjukkan komitmen berlatih yang baik dan dapat berkolaborasi dengan timnya masing-masing.” ucapnya. 


Ia juga menyatakan  bahwa raihan medali emas dan perak di Jakarta Round merefleksikan perkembangan diri dan komitmen berlatih serta menjadi versi terbaiknya sendiri dalam meraih pengalaman yang luar biasa. 


“Bagi kami semua harus dipercayakan kepada masing-masing murid. Mereka sudah melakukan usaha terbaik sebelum fase WSC Global Round ini dengan berkomitmen berlatih.  Bagi kami juga, prestasi pasti akan mengikuti sendiri. Hal yang paling penting adalah pengembangan diri masing-masing  murid dan pelajaran yang diperoleh mengikuti kegiatan ini.” tutup Izza. 


Setelah perjuangan di Jakarta Round, tim delegasi Cikal Amri Setu akan melangkah ke Global Round! Semangat merayakan pembelajaran untuk setiap anggota delegasi Cikal Amri Setu. Kami bangga pada kalian! (*)


Baca juga : Menerapkan Pendekatan Personalisasi, Sekolah Cikal Bebaskan Murid Mendesain Model Seragam Batik Sampai Mewarnai Rambut!




Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal bagi anak berkebutuhan khusus melalui Whatsapp berikut : https://bit.ly/cikalcs (tim Customer Service Cikal)




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : 

    • Izza Dinilah, M.Ed - Kepala Sekolah Cikal Amri Setu jenjang SMP dan SMA

    • Devi Natalia Susanti, World Scholar’s Cup coordinator, Pendidik IBDP Business Management kelas 11 dan 12, dan juga Individuals and Societies untuk kelas 10.

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana

I'M INTERESTED