Mengenal Cultural Exchange Program (CEP) Program Pertukaran Pelajar di SMP dan SMA Cikal

Estimated reading time: 2 minutes, 35 seconds.


Jakarta, Sekolah Cikal. Merasakan pengalaman membangun komunikasi antarbudaya mewakili Indonesia dan mempelajari budaya yang berbeda untuk memperkaya pengalaman dan pengembangan diri sebagai manusia merupakan hal yang esensial dalam proses belajar. 


Sebagai sekolah berbasis kompetensi, Sekolah Cikal dalam hal ini berupaya untuk menghadirkan program pertukaran pelajar atau Cultural Exchange Program (CEP) sebagai langkah meningkatkan dan memperkaya pengalaman para murid di jenjang SMP dan SMA Cikal untuk membangun relasi dengan budaya yang berbeda. 


(Cultural Exchange Program Sekolah Cikal. Dok. Sekolah Cikal)


Baca juga : Personal Project Exhibition 2022 Ujian Akhir Berbasis Proyek dan Pameran Karya di SMA Cikal dan Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi yang Tumbuhkan Empati!

Program Belajar dan Interaksi Bermakna Antarbudaya SMP SMA CIKAL


Koordinator pertukaran pelajar di SMP dan SMA Cikal Amri Setu, Mimin Sri Wahyuni, memaparkan bahwa secara esensial program yang dilaksanakan setiap tahun merupakan langkah nyata bagi sekolah Cikal  memperkaya pengalaman belajar bermakna pada murid tentang keberagaman budaya, dan membangun persahabatan antarbudaya. 


“Program ini merupakan salah satu upaya memberikan pengalaman belajar bermakna pada murid tentang keberagaman budaya dan upaya mengeratkan persahabatan dua negara antara Indonesia dan Jepang setiap tahunnya sejak 2016. Di kegiatan ini, murid SMP dan SMA Cikal Setu melakukan kunjungan belajar dan juga menerima kunjungan belajar selama kurang lebih satu minggu.” jelasnya. 


Dengan hadirnya pandemi Covid-19, Sekolah Cikal yang telah membangun kerjasama dengan berbagai sekolah di Korea dan Jepang ini pun melakukan transisi adaptasi pelaksanaan pertukaran pelajar dengan mengubah pola luring yang telah dilaksanakan sejak 2016 menjadi daring di tahun 2020. 


Baca juga : Kenalkan Permainan Tradisional Indonesia dan Korea, Seperti ini Keseruan Pertukaran Pelajar SMP Cikal dengan SMP Mogun Middle School Secara Virtual!

Pertukaran Pelajar Asah Kompetensi Murid SMP dan SMA Cikal 


Melaksanakan program pertukaran pelajar yang menggerakkan interaksi dengan murid-murid dari Jepang dan Korea juga menumbuhkan berbagai dimensi kompetensi yang menjadi bagian dari capaian pengembangan diri yang diasah dalam program ini, antara lain kompetensi komunikasi, melakukan negosiasi, dan menyelesaikan masalah. 


Salah satu murid SMA Cikal, Alifa Shabrina, menceritakan bahwa pengalaman mengikuti kegiatan Cultural Exchange Program (CEP) merupakan pengalaman bermakna yang menumbuhkan kompetensi komunikasinya. Bahkan tak hanya itu, ia juga merasakan dirinya bertumbuh semakin menghargai kekayaan dan perbedaan budaya. 


“Bagiku, aku memperoleh banyak pengalaman bermakna dengan mengikuti kegiatan ini. Aku belajar membangun kemampuan berkomunikasi, dan berkolaborasi dengan teman-teman yang berbeda budaya denganku. Selain itu, tentu, aku pun belajar untuk menghargai perbedaan budaya dan belajar dari budaya yang berbeda itu. Sungguh menyenangkan!” tuturnya. 


Baca juga: Festival Budaya Sekolah Cikal dan Itsukaichi High School Eratkan Persahabatan Indonesia dan Jepang


Selain Alifa, salah satu lulusan SMA Cikal angkatan 2021/2022, Regala Damorina, yang kini melanjutkan studi di Keio University, Jepang juga berbagi cerita bahwa program pertukaran pelajar di Cikal memberikan kesempatan untuk memahami perspektif yang berbeda dan kesempatan untuk mengenal budaya serta memahaminya dengan baik.


Pelaksanaan program Cultural Exchange program akan selalu berjalan setiap tahunnya di Sekolah Cikal bagi murid-murid jenjang SMP dan SMA Cikal di berbagai lokasi, baik di Sekolah Cikal Amri Setu, Sekolah Cikal Lebak Bulus, Sekolah Cikal Serpong, dan Sekolah Cikal Surabaya.(*)




Tanyakan program dan pendaftaran Sekolah Cikal sebagai sekolah berbasis kompetensi dan personalisasi pertama di Indonesia melalui : bit.ly/bukutamucikal




Artikel ini diproduksi oleh Tim Digital Cikal

Editor : Layla Ali Umar dan Stephani Tara 

Penulis : Salsabila Fitriana 

I'M INTERESTED