Mengenalkan Konsep Awal Sekolah Bagi Anak Usia Dini dengan Kebutuhan khusus Melalui Intervensi Dini

Mengenalkan Konsep Awal Sekolah Bagi Anak Usia Dini dengan Kebutuhan khusus Melalui Intervensi Dini


Durasi Waktu Baca : 3 Menit



Jakarta, Pendidikan Inklusi Cikal.Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam proses deteksi dini bagi anak dengan kebutuhan khusus di dua tahun pertama anak sebelum pada akhirnya mempertimbangkan kegiatan bersekolah di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 


Setelah orang tua telah melakukan deteksi dini, memahami kebutuhan yang anak butuhkan, dan ingin memperkenalkan anak dengan kegiatan bersekolah, wakil Kepala Kurikulum Pendidikan Inklusi Cikal, Vitriani Sumarlis, M,Si, Psikolog yang juga merupakan ahli dalam pendidikan berkebutuhan khusus merekomendasikan langkah pengenalan aktivitas bersekolah yang sederhana dan berkaitan dengan rutinitas melalui kegiatan “Early Intervention” atau Intervensi Dini. 


Kegiatan Intervensi Dini, Pengenalan “Sekolah” Awal Anak Usia Dini dengan Kebutuhan Khusus


Sebagai pendidik yang berperan di pendidikan anak berkebutuhan khusus di Pendidikan Inklusi Cikal, Vitri menyebutkan bahwa di Pendidikan Inklusi Cikal orang tua dan anak yang masih berusia dini dengan kebutuhan khusus akan  diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan intervensi dini (Early Intervention) dengandurasi waktu selama 6 bulan hingga 1 tahun.


“Pendidikan Inklusi Cikal biasanya akan memberikan kesempatan kepada orang tua dan anak untuk lebih awal mengenali lingkungan sekolah berserta tim yang berinteraksi dengan anak-anak sehari-hari. Dalam bentuk aktivitas yang lebih terstruktur, Pendidikan Inklusi Cikal memiliki kegiatan early intervention, dengan durasi yang lebih lama 6 bulan sampai 1 tahun, untuk mempersiapkan anak dengan kebutuhan khusus yang belum pernah sekolah, memiliki pengalaman “sekolah”.” jelas Vitriani. 


Cakupan dari kegiatan intervensi dini bagi anak usia dini dengan kebutuhan khusus yang dihadirkan oleh Pendidikan Inklusi Cikal akan berpusat pada pengenalan rutinitas sederhana di kelas, instruksi sederhana sehari-hari, dan aturan sederhana dengan pendekatan individual dan/atau kelompok kecil. 


“Pada kegiatan early intervention ini, anak akan dikenalkan mengenai rutinitas sederhana di kelas, instruksi-instruksi sehari-hari yang biasa diberikan, serta aturan-aturan sederhana yang akan mereka ikuti. Situasi pembelajaran kegiatan early intervention ini memadukan pendekatan individual dan kelompok kecil.” tambahnya. 


Baca juga : Orang Tua, Inilah Pentingnya Memahami Perkembangan Emosi Anak Usia Dini, Faktor yang Mempengaruhinya, dan Fase Tumbuh Kembangnya





Daya Tahan Diri ABK di Usia Dini  Jadi Poin Penting Pengenalan Awal Sekolah


Dalam pengenalan sekolah di tahap awal bagi anak usia dini dengan kebutuhan khusus, Vitriani menyebutkan bahwa pengenalan anak dengan kebutuhan khusus di usia dini akan menunjukkan daya tahan dan kesiapan anak untuk terpisah dari orang tua dan pengasuh. Guru dengan kompetensi pendidikan khusus pun akan melakukan pengamatan terhadap respon anak di kegiatan pengenalan awal.


“Saat anak dengan kebutuhan khusus yang berusia dini pertama kali sekolah, para guru akan melihat proses penyesuaian diri mereka. Apakah anak bisa menjalani proses separasi dari orang tua atau pengasuh? Penyesuaian tersebut dapat diamati dari respon anak terhadap guru yang menyambut dan mengajar, teman-teman sekelas maupun anak-anak di lingkungan sekolah secara umum, serta lingkungan fisik dari sekolah.” ungkapnya. 


Daya tahan anak usia dini dengan kebutuhan khusus juga akan memengaruhi optimalisasi penerimaan, pembelajaran dan pengembangan diri anak pula di sekolah nantinya. 


“Pada beberapa anak yang memiliki kepekaan yang berlebihan terhadap rangsang cahaya, suara, atau gerak, mereka membutuhkan waktu untuk dapat merasa nyaman di lingkungan sekolah maupun kelas tempatnya belajar. Sehingga hal yang juga perlu diperhatikan adalah daya tahan anak untuk berada di sekolah. Daya tahan akan mempengaruhi pula keoptimalan anak untuk menerima dan mengikuti pembelajaran dengan optimal.” jelasnya. (*)


Baca juga : Orang tua, Coba 4 Aktivitas Ini Agar Perkembangan Emosi Anak Usia Dini Optimal!




Informasi Customer Service Cikal 


Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal bagi Anak Berkebutuhan Khusus melalui Whatsapp berikut : https://bit.ly/cikalcs




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal 

  • Narasumber : Vitriani Sumarlis, M,Si, Psikolog 

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana


I'M INTERESTED