Serunya “No Backpack Day” di Commencement Week : Masa Pengenalan Lingkungan Khas Cikal

Durasi Waktu Baca : 3 Menit, 10 Menit 


Serpong, Sekolah Cikal.  Masa pengenalan lingkungan sekolah menjadi salah satu sarana bagi para murid baru di sekolah untuk mengenal cita-cita dan lingkungan interaksi, guru hingga program yang dihadirkan di sekolah. Di masa ini, murid-murid akan mengenal lebih dalam mengenai situasi dan pendekatan yang dibangun oleh sekolah. 


Sebagai sekolah inklusi di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Tangerang Selatan yang dikenal tidak pernah ada perundungan, Sekolah Cikal pun juga mengadakan masa pengenalan lingkungan sekolah dengan menggunakan istilah Commencement Week.  Di salah satu momen commencement week bertemakan “No Backpack Day”, murid-murid di Sekolah Cikal Serpong mengeksplorasi kreativitasnya. 


(Kreativitas murid-murid di SMP Cikal Serpong di Commencement week“No Backpack Day” Dok. Sekolah Cikal Serpong)


BACA JUGA : Seru dan Penuh Suka Cita, Seperti ini Potret Minggu Pertama Tahun Ajaran Baru di Sekolah Cikal





Pengenalan Proses Belajar di Sekolah Cikal 

Commencement Week merupakan istilah minggu awal pengenalan proses belajar khas Sekolah Cikal yang mencakup pengenalan cita, cara dan cakupan yang telah diterapkan di Sekolah Cikal dalam proses pembelajaran, pengajaran bahkan interaksi yang dibangun di sekolah. 


Di momen minggu permulaan di Sekolah Cikal, orang tua juga mengikuti serangkaian kegiatan workshop pengenalan cita-cita dan pengenalan fasilitas sekolah yang dilakukan di setiap lokasi Sekolah Cikal pada 15-16 Juli 2022. Bagi Head of Campus Cikal, Ratih Saraswati, momen ini merupakan momen menjalin koneksi kembali dengan sekolah tatap muka dan lingkungannya. 


“Pembelajaran tatap muka yang dimulai dengan Commencement week merupakan momen untuk kembali menjalin koneksi yang yang lebih baik baik antara guru dengan anak dan orang tua, antara guru dan orang tua setelah melakukan pembelajaran jarak jauh selama kurang lebih 2 tahun.” tuturnya. 


Proses pengenalan proses belajar di hari-hari awal masuk sekolah dilakukan dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Menurut Head of Campus Cikal, protokol kesehatan telah dipersiapkan di momen Commencement week tiba demi menjaga keamanan dan kenyamanan anak untuk mengenal lingkungan sekolah.


Baca juga : Cara Sekolah Cikal Sebagai Sekolah Inklusi Mengasah Kecerdasan Emosional Anak : Ada Program Khusus yang Jadi Favorit Anak-Anak!




 

KESERUAN “NO BACKPACK DAY” DI MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH CIKAL 


Uniknya di Sekolah Cikal Serpong, terdapat kegiatan menarik di sesi commencement week yakni “No Backpack Day” atau hari tanpa menggunakan tas gemblok khas sekolah biasanya. Di momen yang penuh dengan keseruan ini, murid-murid terlihat antusias menggunakan alat-alat yang menggantikan tas gemblok mereka dengan menggunakan barang-barang lainnya, seperti troli belanja, keranjang hewan peliharaan, kotak sepatu, hingga air fryer, dan rice cooker


Menurut Prameshwari Ramadhani atau yang disapa Imesh, pendidik Visual Arts di Sekolah Cikal Serpong, kegiatan No BackpackDay merupakan salah satu cara cikal yakni memilih tantangan dalam proses belajar untuk memantik sisi kreatif anak-anak. 


“No Backpack day ini juga menjadi salah satu cara bagi murid Cikal untuk mempraktikkan secara langsung salah satu cara Cikal yakni Memilih Tantangan atau Challenging Choices. Murid-murid dapat mengekplorasi sisi kreatif dan inovasi mereka untuk menerima tantangan yang menyenangkan bersama teman-teman lainnya.” ucap Imesh. 


Menurut Amy, Homeroom dari kelas 9 SMP Cikal Serpong, kegiatan No Backpack Day ini ditujukan pada akhirnya sebagai langkah untuk memberikan ruang bagi murid berpikir kreatif dan mengembangkan perspektif menghadapi tantangan itu menyenangkan. 


“Tujuan dari no backpack day ini adalah melatih dan memberikan ruang untuk murid berpikir kreatif yang out of the box di mana murid-murid ditantang untuk membuat perencanaan yang efektif, kerja sama, dan tidak lupa juga melakukan tantangan itu dengan menyenangkan.” ucap Amy. 


Berdasarkan cerita keseruan tersebut, kegiatan No Backpack Day mencerminkan bagaimana murid-murid menghadapi tantangan sehari-hari untuk bekerja dan berpikir secara efektif, strategis, dan juga bekerja sama dengan teman-temannya selain juga berkaitan erat dengan salah satu Cara Cikal melakukan pendekatan pembelajaran yaitu memilih tantangan (Challenging Choices). (*)


Baca Juga : Ketahui Lokasi-Lokasi Sekolah Cikal, Rumah Main Cikal dan Pendidikan Inklusi Cikal!




Tanyakan informasi mengenai pendaftaran, program hingga kurikulum Cikal melalui Whatsapp berikut : https://bit.ly/cikalcs (tim Customer Service Cikal)




Artikel ini ditulis dan dipublikasikan oleh Tim Digital Cikal

  • Editor : Layla Ali Umar 

  • Penulis : Salsabila Fitriana 





I'M INTERESTED